Apple Klaim Paten "Slide to Unlock"

Kompas.com - 27/10/2011, 10:10 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Kantor urusan hak paten dan merek dagang AS, Rabu (26/10/2011), mengumumkan Apple berhak atas paten untuk sebuah mekanisme membuka mode lock ponsel atau mengaktifkan ponsel. Mekanisme ini dikenal dengan sebutan "Slide to Unlock".

Gesture 'unlock' ini sebenarnya telah dikenal sejak lama, tetapi mulai populer sejak dipakai Apple di produk smartphone-nya, iPhone. "Untuk membuka ponsel, saya tinggal menggunakan jari saya dan menggesernya ke samping. Kami membuat sesuatu yang membuat Anda tidak melakukan hal yang tak diinginkan saat ponsel berada di kantong," demikian yang dikatakan Steve Jobs saat peluncuran iPhone generasi pertama pada Januari 2007.

Saat ini, gerakan geser (sliding) untuk mengaktifkan ponsel ini banyak ditemukan di smartphone dan tablet Android, meski dengan mekanisme geser yang berbeda-beda. Namun dengan adanya paten ini, setiap perangkat yang menggunakan metode sliding untuk membuka perangkat pada layar sentuhnya berarti melanggar hak paten yang dimiliki Apple.

Vendor-vendor ponsel lain terutama yang menggunakan sistem operasi Android tentu tak akan tinggal diam dengan adanya paten ini. Ini akan semakin "memeriahkan" pertarungan hukum soal paten di sistem operasi mobile, terutama antara Apple dan Samsung.

 

Baca tentang


    Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X