Unduh Musik Resmi, Manfaat Tinggi - Kompas.com
Aplikasi MelOn

Unduh Musik Resmi, Manfaat Tinggi

Kompas.com - 31/10/2011, 12:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM - Industri musik jalur mobile yang bisa dinikmati oleh pengguna tampaknya merupakan peluang paling logis bagi siapapun termasuk pencipta lagu dari sisi bisnis. Ini karena pengguna menjadi konsumen yang secara sadar melakukan pengunduhan sebelum menikmati lagu dan mereka tentulah harus membayar dengan harga yang sesuai kantung. Bedanya dengan RBT, Anda membayar sebuah potongan lagu tapi Anda sendiri tak pernah menikmati. Di sisi lain, perangkat seperti BlackBerry maupun Android kian bertebar di mana-mana.

Maka PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan SK Telecom lantas bergandeng bisnis dan melahirkan sebuah perusahaan penyedia jasa layanan konten bernama PT MelOn Indonesia. Sebuah aplikasi diluncurkan menandai beroperasinya perusahaan ini pada 28 Oktober silam. Mengusung nama MelOn Mobile Application for BlackBerry and Android, aplikasi berbasis musik ini menawarkan cara mendengar, mengunduh, dan men-stream lagu. Seluruh lagu yang disimpan 100 persen legal. "Pengguna cukup mengunduh aplikasi MelOn atau lewat SMS dan UMB," ujar Won Yong Jo, CEO PT MelOn Indonesia.

Ada beberapa fitur unggulan yang bisa dinikmati. Antara lain Anda bisa melakukan pencarian lagu berdasarkan kategori seperti judul lagu, pemusik, dan album. Boleh pula melalui cara pencarian dengan memanfaatkan top chart  umpamanya Most Favourite, Top 100, New Song, Genre, My Page, maupun Product. MelOn juga menyediakan semacam perpustakaan lagu yang sudah diunduh. Lagu-lagu itu lantas diorganisasikan dalam kategori All Songs, Artists, maupun Genre.

Seperti pula pemutar musik lain, MelOn pun menawarkan opsi untuk membuat album sendiri dalam menu bernama Playlist. Ada beberapa subkategori, antaranya Recently Added, Recently Played, Most Played, MelOn Playlist, Shared Playlist, dan BB Playlist. Lewat menu Shared Playlist tentulah Anda bisa berbagi lagu melalui situs jejaring sosial.

Tak hanya menawarkan pola pencarian dan sharing lagu, MelOn Mobile Application juga menerapkan Dolby Technology Adoption. teknologi ini dipakai guna memproduksi audio agar lebih paten, namun dengan file yang tidak terlalu besar. Hal ini terjadi karena file dikompresi hingga 50 persen tanpa mengurangi kualitas, sebaliknya justru ditingkatkan.

Bagi pengguna yang doyan menyanyi atau karaoke, MelOn pun menyipakan menu lirik. Hingga saat ini sudah ratusan ribu lagu bisa Anda coba. "Itu semua didukung oleh data base lagu melOn yang sudah mencapai 500 ribu lagu yang bisa didengar setiap hari," ujar Yong Jo.

Lalu berapa besar biaya yang harus ditanggung oleh pengguna?

Cukup terjangkau. Aplikasi MelOn menawarkan untuk pengguna BlackBerry Telkomsel paket unlimited membayar sebesar Rp 20.000,- per bulan untuk akses aplikasi tanpa perlu membayar biaya jaringan lagi. sedangkan bagi yang tak berlangganan paket BB Telkomsel Unlimited dikenai ongkos Rp 15.000,- untuk masa dua minggu.

Aplikasi ini bisa diunduh di BlackBerry Application dan Android Application, bisa juga memperolehnya lewat SMS (caranya: REG<spasi>LMBB kirim ke 9012) atau menekan *901*1#. Sedangkan pelanggan di luar Telkomsel dapat melalui cara ketik SMS: REG<spasi>GRATISMELON kirim ke nomor 9012.

Mekanisme berhenti berlangganan pun sudah diatur. Caranya mudah pula. Hanya dengan ketik *901*99# atau via SMS ketik UNREG LMBB kirim ke nomor 9012. Pelanggan non Telkomsel melalui cara ketik SMS : UNREG GRATIS dan kirim ke 9012. Tak ada biaya yang dikenakan untuk proses stop berlangganan.

Agar pengguna mendapat informasi, pada dua hari sebelum masa berlangganan habis, Anda akan memperoleh notifikasi. Dengan begitu Anda bisa memutuskan akan terus berlangganan atau tidak.

Pembayarannya tak harus memakai pulsa. Bisa juga memanfaatkan Bundling Speedy Music Unlimited yang hanya dikenakan biaya Rp 4.900,- per bulan,juga via KlikBCA, kartu kredit, maupun MCash Finnet.

Kalau Anda berlangganan mulai sekarang dan rutin memanfaatkan aplikasi ini, Yong Jo memberi iming-iming hadiah berupa sebuah Samsung Galaxy Tab yang akan diundi pada akhir November 2011. Jika kesulitasn PT MelOn Indonesia sudah menyiapkan layanan konsumen, cukup kontak ke (021) 72800044. Nah, selanjutnya silakan coba, siapa tahu lebih pas untuk Anda dalam mendengarkan musik dengan cara legal dan halal. (*)

 

 

 

 


Editorvaksiandra

Close Ads X