ARBAIN RAMBEY
Pakem fotografi umum menganjurkan untuk menghindari pemotretan luar ruang (outdoor
Cahaya matahari pada tengah hari jatuh tegak lurus sehingga semua yang terkena cahaya hampir tidak punya bayangan. Untuk memotret wajah manusia, hal ini tentu menghasilkan foto yang buruk karena pada bagian mata, bawah hidung, dan bawah bibir akan timbul bayangan tidak semestinya.
Biasanya seorang fotografer akan memakai lampu kilat untuk membuang bayangan-bayangan mengganggu itu.
Namun, adakalanya kita harus memotret pada siang hari bolong, misalnya pada pemotretan di pantai untuk iklan pakaian renang atau kacamata. Suasana pantai memang kurang menarik kalau dipotret pada pagi atau sore hari, dalam kaitan imaji pantai secara umum. Pantai identik dengan cahaya terang benderang, suasana tropis sejati, serta tak ada bayangan.
Maka, untuk pemotretan tengah hari, kita harus menyiasati sebuah rekayasa pencahayaan hanya pada bagian manusianya, khususnya pada bagian-bagian di mana bayangan harus dihindari semaksimal mungkin.
Sebuah perusahaan dari Amerika Serikat, California Sunbounce System, membuat aneka peralatan untuk menyiasati pencahayaan luar ruang yang aneh-aneh dan sulit. Klinik Fotografi
Perhatikan foto A yang dibuat dengan kondisi matahari tegak lurus di atas model. Kebetulan suasana agak mendung sehingga bayangan yang terjadi masih ”tidak keras”. Kala langit tak berawan, bayangan yang ada akan sangat tegas, dengan kontras yang sangat tinggi. Akan tetapi, bagaimanapun, Anda bisa melihat bayangan yang ada sangat melemahkan foto.
Foto B dibuat dengan peralatan dari California Sunbounce yang bernama
Pembias cahaya matahari memang tidak harus putih dan polos. Anda bisa menambahkan efek-efek warna kekuningan atau kebiruan, misalnya. Tergantung efek apa yang Anda inginkan.
Bahkan, untuk membuat efek seakan pemotretan dilakukan di bawah rerimbunan pepohonan, lapisan pembias bisa dilapisi gambar dedaunan, seperti pada foto kiri bawah.
Intinya, fotografi adalah rekayasa manusia untuk merekam sebuah adegan ke dalam rekaman dua dimensi dengan berbagai cara untuk hasil tertentu. Tak ada salah dan benar dalam fotografi. Semua teori bukanlah undang-undang, melainkan sekadar nasihat.