Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gates Tak Mau Ributkan Biografi Steve Jobs

Kompas.com - 01/11/2011, 13:17 WIB

KOMPAS.com - Dalam biografi resmi Steve Jobs, yang ditulis oleh Walter Isaacson, Bill Gates termasuk tokoh yang disorot tajam. Berbagai kritikan pedas pun tercantum dari hasil wawancara Isaacson dengan Jobs.

Salah satunya, Jobs mengatakan bahwa Bill Gates adalah orang yang tidak imajinatif, tidak pernah melakukan inovasi, dan tanpa malu meniru gagasan orang lain.

Bill Gates yang dikonfrontir wartawan ABC soal kritikan itu nampak tidak mau berpolemik. Pendiri Microsoft itu mengatakan dirinya tidak memiliki permusuhan secara pribadi dengan Steve Jobs.

"Selama 30 tahun kami bekerjasama, ia sering mengatakan hal-hal baik tentang saya dan juga hal-hal yang cukup keras. Saya menghormati Steve. Meski bersaing, kami sebenarnya saling memacu," tutur Jobs.

Microsoft dan Apple pun pernah mengalami masa-masa kerjasama yang cukup erat. Microsoft pernah jadi salah satu pemasok utama piranti lunak di Apple, terutama jajaran Microsoft Office untuk Mac.

Ada suatu masa, kenang Gates, ketika Apple kesulitan menjual produknya karena diterima pasar sebagai sebuah produk yang sangat premium. Sementara Microsoft ketika itu sukses di pasar yang lebih luas.

Gates menduga, Jobs merujuk pada masa-masa itu ketika memandang dirinya secara pedas. Gates pun bisa memahami jika, di masa-masa itu, Jobs merasa sebagai satu-satunya orang baik yang dikelilingi para penjahat. Dan para penjahat itu termasuk dirinya.

Saat ini Gates hanya mau mengingat dan berbicara hal-hal baik soal mantan rival sekaligus rekannya itu. "Steve Jobs telah melakukan pekerjaan yang fantastis," kata Gates.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com