Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Tolak Tudingan Bobol Satelit AS

Kompas.com - 01/11/2011, 13:37 WIB

KOMPAS.com - Militer China menolak tudingan yang mengatakan pihaknya bertanggungjawab atas serangan cyber ke satelit milik Amerika Serikat (AS). Tudingan itu disampaikan dalam sebuah laporan dari US-China Economic and Security Review Comission.

Dalam laporan itu, China secara langsung dituding bertanggungjawab atas insiden serangan cyber pada satelit pemantau lingkungan milik AS. Insiden itu terjadi beberapa kali pada 2007 dan 2008 dari sebuah stasiun bumi di Norwegia.

Laporan yang sedianya akan disampaikan ke Kongres AS itu menyebutkan bahwa tidak ada pelacakan yang membuktikan langsung keterlibatan China. Namun, serangan yang dilakukan dianggap konsisten dengan literatur militer China.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei, mengatakan bahwa komite AS tersebut selalu memandang China dengan 'lensa berwarna' alias diskriminatif.

"Laporan tersebut tidak benar dan memiliki motif terselubung. Tidak layak kami tanggapi," ujar Hong Lei.

Hong Lei juga kembali mengatakan bahwa China kerap menjadi korban serangan cyber. Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintahan China juga menolak segala bentuk kejahatan cyber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com