China Tolak Tudingan Bobol Satelit AS

Kompas.com - 01/11/2011, 13:37 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Militer China menolak tudingan yang mengatakan pihaknya bertanggungjawab atas serangan cyber ke satelit milik Amerika Serikat (AS). Tudingan itu disampaikan dalam sebuah laporan dari US-China Economic and Security Review Comission.

Dalam laporan itu, China secara langsung dituding bertanggungjawab atas insiden serangan cyber pada satelit pemantau lingkungan milik AS. Insiden itu terjadi beberapa kali pada 2007 dan 2008 dari sebuah stasiun bumi di Norwegia.

Laporan yang sedianya akan disampaikan ke Kongres AS itu menyebutkan bahwa tidak ada pelacakan yang membuktikan langsung keterlibatan China. Namun, serangan yang dilakukan dianggap konsisten dengan literatur militer China.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei, mengatakan bahwa komite AS tersebut selalu memandang China dengan 'lensa berwarna' alias diskriminatif.

"Laporan tersebut tidak benar dan memiliki motif terselubung. Tidak layak kami tanggapi," ujar Hong Lei.

Hong Lei juga kembali mengatakan bahwa China kerap menjadi korban serangan cyber. Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintahan China juga menolak segala bentuk kejahatan cyber.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X