Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri Gandeng Ahli TI Usut Penipuan Pulsa

Kompas.com - 01/11/2011, 15:56 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kasus penipuan pulsa yang semula ditangani Polda Metro Jaya telah dilimpahkan ke Badan Reserse Kriminal Polri. Karena itu, menurut Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution, saat ini penyidik telah bekerja sama dengan sejumlah ahli teknologi informasi untuk menelusuri pelaku kasus tersebut. Namun, tidak dijelaskannya siapa saja para ahli yang diajak bekerja sama tersebut.

"Untuk pembuktian kasus ini perlu keahlian khusus, Bareskrim Polri telah bekerja sama dengan beberapa ahli TI, khususnya untuk mengungkap bagaimana modus-modusnya dalam rangka mencari alat bukti untuk menjerat pelaku," ujar Saud di Gedung Humas Polri, Jakarta, Selasa (1/11/2011).

Ia belum dapat memastikan jumlah total korban akibat kasus ini. Apalagi, jumlah korban penipuan pulsa ini tersebar di beberapa kota di Indonesia. Saat ini, kata Saud, kepolisian sedang mendalami lebih lanjut bersama ahli IT. "Saat ini masih pendalaman untuk perkembangan kasusnya," ujarnya.

Kasus penipuan pulsa ini marak dialami para pengguna telepon genggam yang tergiur dengan janji maupun hadiah dari pesan singkat yang disampaikan content provider. Sejauh ini, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia dan regulator telah menerima 7.000 pengaduan dari korban penipuan via nomor 159.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com