Pepi, Dalang Bom Buku Disidang Hari Ini

Kompas.com - 03/11/2011, 09:54 WIB
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalang aksi teror bom buku dan bom di Gereja Christ Cathedral, Gading Serpong, Tangerang, Pepi Fernando menjalani sidang perdananya hari ini di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (3/11/2011).

Ia adalah pelaku perakit bom buku yang ditujukan kepada aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL), Ulil Abshar Abdalla, Kepala Badan Narkotika Nasional Goris Mere, Ketua Umum Partai Patriot Yapto S Soeryosumarno dan musisi Ahmad Dhani.

"Ya benar pagi ini jam 10 Pepi menjalani sidang perdananya di Pengadilan Negeri Jakarta Barat," ujar wakil dari tim kuasa hukumnya, Nurlan saat dihubungi Kompas.com, Kamis pagi.

Menurutnya, hari ini ada delapan tersangka teroris yang disidangkan. "Ada delapan yang disidangkan. Tapi, nanti baru kita lihat nama-namanya siapa saja," lanjutnya.

Pepi adalah otak dari sejumlah aksi teror bom buku. Ia beperan sebagai perakit dan pelatih orang-orang yang direkrutnya untuk membuat bom dari berbagai bahan murah. Ia belajar merakit bom secara otodidak dari buku. Mantan amir NII Bekasi ini merakit bom buku dan mengirimkannya pada target.

Bom buku berjudul "Mereka Harus di Bunuh karena Dosa-Dosa Mereka terhadap Islam dan Kaum Muslimin dikirim pada 15 Maret 2011 untuk Ulil karena menurut Pepi JIL adalah gerakan pemurtadan nasional.

Buku dengan judul yang sama juga dikirim kepada Goris Mere. Densus 88 Antiteror yang memburu gerombolan teroris di tanah air dianggap Pepi sebagai musuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara Yapto dan Dhani dpipilh sebagai target karena dicap sebagai Yahudi. Yapto mendapat bom buku berjudul "Masih Adakah Keadilan dalam Pancasila?", sedang Dhani mendapat buku "Yahudi Militan".



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.