Survei

iOS Lebih Populer Dibandingkan Android

Kompas.com - 03/11/2011, 10:57 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Sistem operasi besutan Apple iOS dinilai lebih mumpuni dibandingkan Android berdasarkan poling yang dilakukan Net Marketshare. Poling ini mengungkapkan iOS memperoleh suara sebesar 61,6 persen, mengungguli  Android yang hanya mendapat 18,9 persen. Setelah itu baru disusul Java ME (12,8 persen) dan Symbian di posisi terbawah (3,5 persen) dalam hal sistem operasi di perangkat mobile dan tablet.

Sementara sistem operasi di desktop, Windows masih mendominasi dengan memperoleh suara sebesar 91,9 persen. Disusul Mac 6,9 persen dan Linux 1,2 persen. Di sisi browser pada media mobile atau tablet, Safari menempati urutan pertama dengan 62,2 persen, disusul Android browser (18,7 persen), Opera Mini (13,1 persen), dan Symbian Browser (2,6 persen).

Di desktop, pengguna Internet masih mengunggulkan Internet Explorer (52,6 persen), disusul Firefox (22,5 persen), Chrome (17,6 persen), dan Safari (5,4 persen). Dari sisi search engine di perangkat mobile, desktop maupun tablet, Google masih tak terkalahkan dengan meraih suara di atas 82,4 persen. Disusul Yahoo, Baidu, dan Bing.

"Dari data 2 miliar pengguna Internet di dunia, ternyata mereka lebih senang berinternet di desktop," demikian hasil poling dari Netmarketshare, Kamis (3/11/2011).

Pengguna Internet di desktop sekitar 93,7 persen dari populasi pengguna internet di dunia. Adapun perangkat digital masih 6 persen dari populasi tersebut. Sisanya 0,3 persen menggunakan perangkat digital lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.