Grand Theft Auto V Video Trailer Langsung "Dicacah"

Kompas.com - 04/11/2011, 03:11 WIB
EditorErlangga Djumena

KOMPAS.com - Seperti diduga sebelumnya, video berdurasi 1 menit 23 detik yang menampilkan gambar-gambar perdana permainan bergenre sandbox, Grand Theft Auto V, langsung diunduh banyak orang.

Bagaikan detektif, frame demi frame video ini dianalisa untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai permainan yang dikembangkan Rockstar North ini. Yang menarik, kerja kolektif ini memang menghasilkan beberapa informasi baru yang dikumpulkan dalam forum-forum diskusi. Mulai dari kendaraan yang bisa digunakan, kemungkinan fitur permainan, hingga setting lokasi yang bisa dimainkan.

Hal tersebut dilakukan karena mereka percaya bahwa video tersebut diambil langsung dari permainan dan bukan hasil render. Dengan demikian, apa pun yang terlihat di video tersebut bakal bisa dipergunakan. Misalnya, ada yang menemukan pesawat amfibi yang terlihat di latar belakang turbin angin pada posisi 0:28 padahal sangat kecil.

Ada pula yang mendapatkan kepastian bahwa lokasi permainan bakal kembali di San Andreas, sebuah negara bagian rekaan dalam permainan ini, dengan melihat tulisan yang tercantum di plat nomor yang tampil sekilas saja.

Dari video tersebut juga didapatkan kemungkinan fitur permainan ini bakal kembali seperti GTA San Andreas dengan pilihan untuk berlatih membesarkan otot atau mendandani karakter. Animasi karakter yang beryoga juga diduga menjadi salah satu fitur yang bisa dimainkan.

Keberadaan anjing pada detik awal video juga menimbulkan spekulasi bahwa GTA V bakal memasukkan hewan dalam dunia rekaannya. Menurut informasi yang dikumpulkan Kompas dari berbagai forum diskusi di internet, kemungkinan sekuel ini bakal lebih berwarna dibandingkan seri ke-IV yang hanya menampilkan perkotaan saja. Keberadaan lingkungan pegunungan maupun pantai membuka kemungkinan banyak hal mengenai fitur permainan. Dan yang tidak boleh dilupakan, informasi awal ini baru didapatkan dari video pertama.

Bila Rockstar kembali meluncurkan video trailer ke dua, bisa dipastikan data tersebut akan diperbaharui. Untunglah, Rockstar juga tidak membuat para penggemarnya kebingungan karena mereka menyusulkan pernyataan resmi yang diunggah 12 jam setelah video trailer beredar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Permainan tersebut tengah dikembangkan oleh Rockstar North yang berpusat di kota Los Santos yang juga menjadi setting di GTA SA. Yang menarik adalah pernyataan Rockstar yang menggunakan frase paling besar dan paling ambisius dalam mendeskripsikan setting lokasi permainan. Meski hanya menyebut Los Santos sebagai kota yang bisa dijelajahi, Rockstar juga mengungkapkan bahwa pemain bakal mengunjungi perbukitan, daerah pinggiran hingga pantai di sekeliling Los Santos. Pernyataan tersebut bisa diartikan bahwa dua kota yang sebelumnya termasuk dalam permainan GTA SA yakni San Fierro yang diinspirasi dari San Fransisco, maupun Las Venturas yang mirip Las Vegas belum tentu dihadirkan kembali.

Pernyataan resmi itu juga memberikan gambaran bagaimana permainan ini nantinya. Rockstar menjelaskan bahwa permianan ini berkisah mengenai pencarian kekayaan dalam lokasi yang diibaratkan seperti California bagian selatan.

Mereka menggunakan frase yang misterius dalam kalimat tersebut seperti "pursuit of the almighty dollar" yang mungkin bisa lebih jelas dalam informasi berikutnya. Reporter dari @KabarRockstar, Adit Pasaribu, mengatakan bahwa penggunaan frase menyerupai California bagian selatan bakal berimbas pada masalah yang dihadapi tokoh utama nantinya. Di daerah tersebut, berbagai masalah menyeruak seperti hedonisme, kehidupan yang bertuhan pada materi, hingga masalah sosial yang kompleks dari pusat kota sampai pinggiran.

Sayangnya, hingga kini belum juga dijelaskan mengenai platform yang nantinya dipakai untuk GTA V. Baik konsol maupun spesifikasi untuk komputer. Dian Ara, blogger dari Atoh.com juga bertanya-tanya, apakah konsol yang dipakai adalah generasi sekarang yakni Sony Playstation 3 dan Microsoft Xbox 360, atau konsol generasi selanjutnya yang mungkin diluncurkan dalam dua tahun ini.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.