Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rombak Algoritma Mesin Pencarinya

Kompas.com - 04/11/2011, 14:47 WIB

KOMPAS.com - Google kembali merombak algoritma mesin pencarinya agar penggunanya mendapatkan informasi yang lebih akurat dan relevan. Update 'algoritma segar' ini akan mengubah sebagian besar hasil pencarian, misalnya bila Anda mencari dengan kata kunci 'Olimpiade' maka hasil pencariannya akan lebih banyak memunculkan informasi tentang Olimpiade 2012, dibanding Olimpiade 2008.

Hasil pencarian algoritma baru ini juga akan menampilkan informasi terbaru dari berita-berita yang sedang "hangat" dan menganalisis tren yang sedang terjadi demi memberikan hasil yang paling revelan atas permintaan pencarian Anda.

Dalam sebuah posting di blog perusahaan, Amit Singhal dari Google mengatakan update ini akan membawa nuansa yang lebih dekat ke hasil pencarian tentang kejadian yang sedang terjadi.

"Jika saya mencari dengan kata Olimpiade," tulisnya. "Saya mungkin ingin informasi tentang Olimpiade mendatang musim panas depan, bukan Olimpiade Musim Panas 1900.

"Jeroan mesin pencari Google versi terbaru ini dirancang untuk memberikan hasil yang paling termutakhir untuk Anda, bahkan ketika saya hanya memasukkan 'Olimpiade' saja tanpa menentukan 'Olimpiade 2012', saya masih menemukan apa yang saya cari," Singhal menambahkan.

Perubahan ini dibangun berkat Caffeine Index Update, yang memungkinkan penjaringan informasi arsip web lebih cepat yang secara langsung memudahkan untuk menggali informasi termutakhir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com