Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus "Ungu" Yahoo Akan Kunjungi 20 Kota di Indonesia

Kompas.com - 04/11/2011, 21:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yahoo! Inc hari ini meluncurkan program 'Yahoo! Buka Dunia' untuk memperkenalkan pengalaman Internet pertama kali kepada para siswa, guru, dan masyarakat di 20 kota di Jawa dan Sumatera.

Sebuah bus berwarna ungu dilengkapi dengan perangkat untuk akses Internet dan multimedia akan melakukan perjalanan sekitar 5.000 kilometer selama 30 hari dan mengunjungi 40 sekolah di Indonesia. Siswa akan diperkenalkan dengan berbagai peluang belajar dan gaya hidup yang tersedia di Internet melalui berbagai produk dan properti Yahoo!

Bertepatan dengan Kirab Obor SEA Games 2011, perjalanan Yahoo! Buka Dunia dimulai di Jakarta dan akan berlanjut ke Palembang, Jambi, Lampung, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan kota-kota di sekitarnya sebelum mengakhiri tur satu bulan tersebut di Surabaya.

"Dunia digital merupakan bagian integral dari pembangunan masyarakat muda lokal dan oleh karenanya sangatlah penting untuk menyoroti isu-isu yang dapat mempengaruhi pikiran anak-anak muda. Kami berkomitmen penuh untuk mengembangkan pengalaman online yang lebih aman. Yahoo! Buka Dunia berusaha melakukan hal itu dengan menyediakan lingkungan yang aman bagi pengguna baru Internet untuk mulai menjelajahi semua pengalaman belajar dan gaya hidup yang dapat diberikan oleh Internet," ujar Pontus Sonnerstedt, Country Manager Yahoo! Indonesia dalam siaran pers.

Menurut studi Yahoo! Net Index 2011, jangkauan Internet di Indonesia telah melampaui media tradisional dan menempati posisi kedua setelah televisi. Indonesia, basis pengguna Internet terbesar keempat di Asia dan terbesar di Asia Tenggara dengan sekitar 39 juta pengguna (comScore, September 2011). Angka ini menunjukkan potensi pertumbuhan Internet yang besar di kota-kota besar dan kecil. Dengan tigaperempat dari semua pengguna Internet di Indonesia menggunakan properti dan platform Yahoo! setiap bulannya, Yahoo! ingin proaktif membantu pengguna baru dalam kegiatan online mereka saat mereka melakukan aktivitas pertama di dunia digital.

Bus ungu Yahoo! Buka Dunia bekerja sama dengan Acer dan AHA akan memfasilitasi penggunaan layanan dari Yahoo! seperti Front Page, Yahoo! Mail, Messenger, Koprol, Flickr dan Yahoo! Post.

Konsep serupa bernama 'PC For Life' diadakan di Vietnam tahun ini dimana para relawan muda melakukan perjalanan melalui 16 provinsi dan berjalan hampir 2.000 kilometer dengan berjalan kaki melintasi Vietnam sebagai bagian dari kampanye, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara terbaik menggunakan Internet.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com