Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Haji

Terlambat Diangkut ke Mina, Jemaah Kepanasan

Kompas.com - 06/11/2011, 14:41 WIB
Tjahja Gunawan Diredja

Penulis

MEKKAH, KOMPAS.com — Jemaah haji Indonesia kepanasan di padang pasir Mudzalifah karena lama menunggu kedatangan bus yang mengangkut mereka ke Mina, Minggu (6/11/2011). Akibat tak tahan panas, sebagian jemaah haji berebut masuk bus setiap kali bus datang di depan antrean mereka.

Wartawan Kompas Tjahja Gunawan Diredja melaporkan dari Mekkah setelah melaksanakan wukuf di Padang Arafah, Sabtu siang. Pada malam harinya, seluruh jemaah menuju Bukit Mudzalifah untuk melaksanakan mabit atau menginap hingga dini hari sekaligus mengambil batu di sana.

Selanjutnya, batu-batu kecil tersebut dibawa ke Mina untuk lempar jumrah. "Biasanya jemaah sudah meninggalkan Mudzalifah setelah subuh, tapi kali ini jam 10 siang begini baru diangkut bus," kata Mustofa Kamal, pemimpin regu 12 yang sudah beberapa kali melaksanakan ibadah haji.

Transportasi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi dikelola pengelola maktab. Mereka adalah warga lokal yang mendapat kepercayaan dari perwakilan Kementerian Agama RI di Arab Saudi atau Muasasah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com