iPad dan Android Pengaruhi Belanja Online

Kompas.com - 07/11/2011, 07:55 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Keberadaan perangkat seperti iPhone, iPad dan Android mempengaruhi perilaku belanja online. Belanja lewat ponsel diprediksi bakal makin marak.

Data yang dilansir IBM Coremetrics Benchmark menyebutkan pengguna lebih senang membuka situs retail melalui ponsel dibandingkan melalui komputer. Kemudahan dan kecepatan menjadi alasan peningkatan transaksi tersebut.

Laporan tersebut menganalisis 500 situs retail terkemuka di Amerika Serikat. Menggunakan analisis teknologi, laporan tersebut menghitung data penjualan dan pemasaran secara online baik melalui social media, ponsel atau media lain.

Salah satu hasilnya, November 2011 ini pengunjung situs retail di Amerika Serikat diperkirakan akan meningkat menjadi 15 persen. "Musim liburan November ini akan meningkatkan daya konsumsi masyarakat dalam berbelanja online, terutama memakai perangkat mobile," ujar Director of Product Management, Enterprise Marketing Management Group, IBM Industry Solution John Squire.

IBM mengungkapkan, pada Oktober 2011 jumlah pengakses situs ritel dari ponsel meningkat jadi 11 persen. Di periode yang sama 2010, angka itu hanya 4,2 persen. Angka penjualan pun meningkat dari 3,4 persen ke 9,6 persen pada periode yang sama. Diprediksi, tren ini akan berlanjut terus pada November 2011.

Tahun ini IBM memperkirakan pengguna Android akan giat berbelanja lewat ponsel seperti yang dilakukan pengguna iPhone. Di Oktober 2011, iPhone mencakup 4 persen pengunjung sedangkan Android 3,5 persen.

Nah, kalau soal pembelian, pengguna iPad ternyata lebih menghasilkan. Tercatat 6,8 persen pengunjung yang memakai iPad akan melakukan pembelian. Sedangkan dari perangkat mobile lainnya, angkanya hanya mencapai 3,6 persen.

Satu lagi 'ramalan' IBM adalah makin besarnya dampak jejaring sosial pada belanja online. Tercatat, 9,2 persen pengunjung dari social media melakukan pembelian pada Oktober 2011. Angka yang cukup besar dibandingkan rata-rata 5,5 persen pembelian dari seluruh pengunjung.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X