Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Haji

Gelombang Umat Islam Masih Lempar Jumroh

Kompas.com - 07/11/2011, 11:14 WIB
Tjahja Gunawan Diredja

Penulis

MINA, KOMPAS.com- Arus umat Islam yang melaksanakan kegiatan ibadah haji saat ini berpusat di Mina, Arab Saudi. Di Mina, jemaah haji melaksanakan lempar jumroh sebanyak tiga kali selama tiga hari.

Mereka pergi melontar jumroh berbeda waktunya, ada yang pagi, siang, dan malam. Bahkan pada Minggu malam hingga dinihari Kota Mina dipenuhi lautan manusia yang sengaja tidur di pinggir jalan.

Menginap atau mabit di dekat dengan lokasi lempar jumroh di Kota Mina diyakini oleh sebagian umat Islam bisa menambah kelengkapan ibadah haji.

Sekarang arus orang yang pergi dan pulang dari melempar jumroh melalui terowongan sudah terpisah. Dengan begitu, jemaah yang berangkat dan pulang tidak saling berpapasan.

Selain itu di pintu terowongan dan lokasi di jalan menuju tempat melontar jumroh dijaga petugas untuk memperlancar arus keluar masuk jemaah. Tragedi Mina yang terjadi beberapa tahun lalu karena terowongan masih satu sehingga arus manusia yang keluar masuk saling bertabrakan di tengah terowongan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com