Kepala Keamanan Apple Akhirnya Mundur

Kompas.com - 08/11/2011, 08:19 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Wakil Presiden Keamanan Global Apple, John Theriault, dikabarkan telah mengundurkan diri dari Apple. Mantan Agen FBI ini mundur baik-baik lewat jalur pensiun.

Meski demikian, mundurnya Theriault tak bisa dipisahkan dari insiden seputar hilangnya prototipe iPhone 4S pada Juli 2011. Kasus tersebut diwarnai oleh kabar yang cukup mencoreng wajah Apple.

Ketika itu, sebuah protoripe iPhone 4S dikabarkan telah hilang di sebuah restoran masakan meksiko di San Francisco. Pihak kepolisian dan tim investigasi dari Apple, di bawah koordinasi John Theriault, kemudian mencarinya.

Salah satu upaya pencarian itu berujung ke seorang pemuda 22 tahun bernama Sergio Calderon. Penyelidikan pun sempat dilakukan ke rumah Calderon.

Nah, saat penyelidikan inilah terjadi insiden yang cukup memalukan. Dari enam orang yang mengunjungi Calderon, empat di antaranya adalah petugas kepolisian.

Namun mereka yang melakukan pencarian dan masuk ke rumah Calderon adalah penyelidik swasta yang konon bekerja untuk Apple. Hal ini membangkitkan pertanyaan apakah insiden itu bisa dianggap sebagai 'menyamar sebagai petugas', sebuah aksi yang termasuk kriminal ringan.

Theriault kini telah mundur dengan menyisakan insiden itu pada akhir karirnya di Apple. Belum ada pernyataan resmi dari Apple mengenai mundurnya Theriault.

Sebelum di Apple, Theriault pernah bekerja sebagai VP dan Chief Officer di Pfizer Inc dan Special Agent Senior Executive Service di Federal Bureau of Investigation (FBI).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.