Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adobe Matikan Flash untuk Mobile

Kompas.com - 10/11/2011, 11:15 WIB

KOMPAS.com - Adobe memutuskan untuk tidak lagi mengembangkan Flash di perangkat mobile. Melalui blog resminya, Adobe mengumumkan bahwa pengembangan masa depan akan difokuskan pada HTML5.

Selama ini, Flash untuk mobile banyak digunakan pada handset berbasis Android. Namun semua gadget Apple, iPhone hingga iPad, tidak mendukung Flash dan lebih memilih HTML5.

Menurut Danny Winokur, General Manager Interactive Development di Adoba, HTML5 didukung oleh semua perangkat mobile utama. "Ini menjadikannya solusi terbaik untuk membuat dan menghadirkan konten di browser pada semua platform mobile," tulisnya.

Versi terakhir Flash Player untuk mobile adalah Flash Player 11.1 untuk Android dan BlackBerry PlayBook. Setelah versi yang akan datang itu, Adobe memutuskan tak akan lagi membuat Flash Player di mobile.

Winokur mengatakan pihaknya berjanji untuk bekerjasama dengan Google, Apple, Microsoft, RIM dan lainnya untuk mendorong inovasi pada HTML5. "Mereka bisa menggunakannya untuk memajukan browser mobile (pada platform masing-masing)," ujarnya.

Selama ini kemampuan Flash sering jadi fitur yang diunggulkan produsen tablet berbasis Android maupun BlackBerry PlayBook. Gara-garanya, tablet iPad dari Apple sejak awal tak pernah mau mendukung Flash. Tapi sekarang, Adobe seakan-akan mengikuti kemauan Apple yang mendukung HTML5.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com