Adobe Matikan Flash untuk Mobile

Kompas.com - 10/11/2011, 11:15 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Adobe memutuskan untuk tidak lagi mengembangkan Flash di perangkat mobile. Melalui blog resminya, Adobe mengumumkan bahwa pengembangan masa depan akan difokuskan pada HTML5.

Selama ini, Flash untuk mobile banyak digunakan pada handset berbasis Android. Namun semua gadget Apple, iPhone hingga iPad, tidak mendukung Flash dan lebih memilih HTML5.

Menurut Danny Winokur, General Manager Interactive Development di Adoba, HTML5 didukung oleh semua perangkat mobile utama. "Ini menjadikannya solusi terbaik untuk membuat dan menghadirkan konten di browser pada semua platform mobile," tulisnya.

Versi terakhir Flash Player untuk mobile adalah Flash Player 11.1 untuk Android dan BlackBerry PlayBook. Setelah versi yang akan datang itu, Adobe memutuskan tak akan lagi membuat Flash Player di mobile.

Winokur mengatakan pihaknya berjanji untuk bekerjasama dengan Google, Apple, Microsoft, RIM dan lainnya untuk mendorong inovasi pada HTML5. "Mereka bisa menggunakannya untuk memajukan browser mobile (pada platform masing-masing)," ujarnya.

Selama ini kemampuan Flash sering jadi fitur yang diunggulkan produsen tablet berbasis Android maupun BlackBerry PlayBook. Gara-garanya, tablet iPad dari Apple sejak awal tak pernah mau mendukung Flash. Tapi sekarang, Adobe seakan-akan mengikuti kemauan Apple yang mendukung HTML5.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.