Huawei dan Microsoft Negosiasikan Paten Android

Kompas.com - 10/11/2011, 15:26 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Microsoft telah melakukan perjanjian royalti per perangkat untuk produk Android banyak perusahaan, termasuk Samsung, HTC, Compal dan banyak lagi. Pembuat perangkat asal China, Huawei, juga dikabarkan sedang diincar.

Kini, Huawei dilaporkan telah mengkonfirmasi hal itu. Pihak Huawei mengaku sedang melakukan pembicaraan dengan Microsoft seputar penggunaan perangkat lunak Android.

Victor Xu, chief marketing officer Huawei Device mengatakan, diskusi dengan pihak Microsoft sedang dalam proses. Di sisi lain, Microsoft enggan berkomentar tentang diskusi lisensi paten tersebut.

Pernyataan Xu juga menimbulkan kesan bahwa pihaknya punya cukup amunisi utnuk melindungi diri dari gugatan paten. "Kami selalu menghormati Hak atas Kekayaan Intelektual. Saat ini kami memiliki lebih dari 65.000 patem, dan kami punya cukup instrumen untuk melindungi kepentingan kami," ujar Xu.

Selama ini Microsoft telah mendapatkan royalti dari beberapa produsen yang mengeluarkan produk berbasis Android. Termasuk Samsung, HTC, Compal Electronics (Dell, HP dan Toshiba), Quanta Computer, Wistron, General Dynamics Itronix , Velocity Micro, Onkyo, Acer, dan Viewsonic.

Selain itu Microsoft juga terlibat sengketa paten dengan beberapa perusahaan lain. Salah satunya adalah sengketa paten dengan Motorola di mana kedua perusahaan saling menggugat.

Produk ponsel pintar terbaru Huawei, Vision akan berjalan di sistem operasi Android Gingerbread 2.3. Selain itu, tablet 7-inci Huawei, yakni MediaPad akan menggunakan Android Honeycomb. Hal ini diyakini turut melatarbelakangi pembicaraan paten Huawei dengan Microsoft.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.