Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal Gmail untuk Blackberry

Kompas.com - 10/11/2011, 16:01 WIB

KOMPAS.com Google memutuskan untuk tidak lagi menyediakan aplikasi Gmail untuk Blackberry. Pengguna yang sudah ada pun tak akan memperoleh dukungan resmi lagi.

Hal itu dikemukakan pihak Google melalui blog resmi Google Apps. Penghentian Gmail untuk Blackberry akan dilakukan per 22 November 2011.

Pengguna yang saat ini memakai aplikasi Gmail untuk Blackberry bisa terus menggunakan aplikasi tersebut. Namun, Google mengatakan, mulai tanggal tersebut mereka tak akan lagi memberikan dukungan resmi.

Sebagai penggantinya, Google menyarankan pengguna mengakses Gmail lewat browser. "Selama setahun terakhir, kami melakukan usaha keras untuk menghadirkan pengalaman Gmail di browser mobile dan akan terus melakukannya," sebut pernyataan resmi Google itu.

Pengguna Blackberry yang mengakses account Gmail dari aplikasi e-mail bawaan Blackberry tidak akan terpengaruh oleh hal ini. Akses account Gmail masih bisa dilakukan, tetapi fiturnya memang agak berbeda dari akses melalui apps Gmail.

Keputusan Google untuk menghentikan dukungan apps Gmail untuk Blackberry menambah hantaman pada perangkat Blackberry yang di negara-negara tertentu, seperti Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa, yang mulai berkurang popularitasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com