Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rebranding Alcatel

Alcatel Siapkan Ponsel Android Terjangkau

Kompas.com - 10/11/2011, 16:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sempat meredup selama beberapa tahun di Indonesia, Alcatel melakukan pembaruan bisnis dari vendor ponsel kelas menengah atas menjadi vendor ponsel pintar (smartphone) namun dengan harga relatif murah.

Country Manager Alcatel Indonesia Hero Tjokroardi menganggap Indonesia juga dianggap sebagai pasar yang menarik untuk penjualan ponsel pintar. Hal itu disebabkan penjualan ponsel di tanah air selalu meningkat setiap tahun.

"Dalam riset kami, 80 persen masyarakat Indonesia masih memakai ponsel biasa. Sisanya baru memakai ponsel pintar. Itu merupakan peluang pasar bagi kami untuk menyediakan ponsel pintar namun harganya murah," kata Hero selepas press conference Rebranding Alcatel di Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Selama ini, masyarakat Indonesia sudah dianggap familiar dengan ponsel pintar baik dengan desain candybar, QWERTY maupun layar sentuh. Namun, lanjut Hero, belum semua masyarakat Indonesia mampu membeli ponsel pintar dengan harga terjangkau.

Sedangkan ponsel merek lokal atau merek China yang sempat merajai pasar Indonesia tampak sudah stagnan di awal tahun ini. Ditambah, lanjut Hero, ada kecenderungan pasar Indonesia mulai menggeliat kembali untuk memakai ponsel dari merek ternama sejak pertengahan 2011. Ini dianggap sebagai peluang yang baik bagi Alcatel.

Untuk awalnya, Alcatel masuk ke Indonesia dengan mengeluarkan ponsel pintar yang sudah dijejali aplikasi dan desain khas anak muda. Sistem operasinya pun memakai Android, yang sedang marak dipakai di seluruh dunia oleh beragam vendor ponsel.

"Target kita menyasar anak muda, baru lulusan perguruan tinggi, first jobber di kota besar dan secondary city. Kita akan menjual ponsel (dengan harga) maksimal Rp 1,5 juta," tegasnya.

Harapannya, lanjut Hero, target pasar tersebut bisa merasakan memakai ponsel pintar dari Alcatel, setelah membandingkan kualitas, desain, aplikasi dan harga dari vendor lain. "Kami ingin jadi pemimpin pasar ponsel di Indonesia dalam dua tahun ke depan," pungkas Hero dengan optimis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com