Alcatel Taruh Harapan Besar di Indonesia

Kompas.com - 10/11/2011, 22:31 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dan India menjadi target pasar penjualan ponsel pintar (smartphone) bagi Alcatel di 2012. Optimisme tersebut disebabkan penjualan ponsel pintar di kedua negara tersebut masih minim.

Country Manager Alcatel Indonesia, Hero Tjokroardi menyatakan penjualan ponsel pintar Alcatel sudah menembus pasar Eropa, Amerika dan beberapa negara di Asia. Untuk memperkuat pasar, Alcatel akan menembus pasar kedua negara tersebut karena dipandang tahan terhadap krisis.

"Karakter masyarakat di kedua negara ini unik. Penjualan ponsel pintarnya masih rendah sehingga ada peluang yang bisa dimasuki terutama ponsel pintar namun dengan harga murah," kata Hero selepas press conference "Rebranding Alcatel" di Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Kedua negara ini dianggap penting sebagai target pasar penjualan ponsel pintarnya untuk meningkatkan performa bisnis Alcatel. Tanpa memasukkan kedua negara tersebut, pendapatan Alcatel hingga kuartal II-2011 sudah naik 33 persen menjadi 4,6 juta dolar Hongkong. Sementara laba kotornya naik 40 persen menjadi 1,014 juta dolar Hongkong.

Sedangkan penjualan ponselnya hingga kuartal III-2011 sudah mencapai 30,5 juta unit di seluruh dunia. Sementara pada tahun 2010 sudah mampu menjual 36,22 juta unit ponsel pintar. "Targetnya di akhir tahun 2011 kami bisa mencapai 40 juta unit," katanya.

Otomatis, dengan penambahan target pasar baru yaitu Indonesia dan India di tahun depan akan memperbesar penjualan ponsel Alcatel. Akan tetapi Hero masih enggan memaparkan target penjualan ponsel secara total maupun khusus di Indonesia pada tahun depan.

"Tren ponsel di dunia sudah mengalami pergeseran dari ponsel biasa menjadi ponsel pintar. Di negara maju penjualannya sudah tinggi, tapi di negara berkembang penjualannya masih lemah," katanya.

Penjualan ponsel Alcatel laris manis dan banyak dikontribusikan dari negara seperti Prancis, Jerman, Meksiko dan Brazil serta beberapa negara di kawasan Timur Tengah.

Hero optimis penjualan produk ponsel pintar dari Alcatel, khususnya di Indonesia, akan bagus. Di 2012, pihaknya akan meluncurkan dua ponsel pintarnya setiap bulan. "Kami harap bisa menjadi pemimpin pasar ponsel di Indonesia dalam dua tahun mendatang," jelasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.