Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twiter Akhirnya Diserahkan ke Twitter

Kompas.com - 11/11/2011, 08:45 WIB

KOMPAS.com - Twitter Inc., perusahaan di balik layanan Twitter, akhirnya memenangkan kasus terhadap nama domain Twiter.com. World Intellectual Property Organization (WIPO) menyetujui pengalihan Twiter.com ke Twitter Inc.

Jika hanya melihat siapa yang terlebih dahulu mendaftar, seharusnya Twiter.com tidak wajib menyerahkan domainnya ke Twitter. Ini karena Twiter.com didaftarkan sejak 2004, dua tahun sebelum Twitter.com.

Namun, masalahnya jadi berbeda ketika diketahui bahwa Twiter.com digunakan untuk aksi semacam penipuan yang memancing pengguna untuk menyerahkan data-data pribadi mereka.

Awalnya, Twiter.com tidak menampilkan hal-hal aneh. Popularitas Twitter membuat situs itu meraup 100.000 visitor per bulan yang berasal dari orang-orang yang salah ketik.

Tapi kemudian, pengelola Twiter.com malah mengalihkan pengunjung ke sebuah situs tipuan bernama socialupdatepanel.com. Situs ini mengiming-imingi pengunjung dengan hadiah iPad 2 atau iPhone 4 jika mau mengisi survei.

Parahnya, halaman survei itu desainnya sangat mirip dengan halaman asli Twitter. Ini berpotensi menyesatkan pengguna yang mengira hadiah itu resmi berasal dari Twitter.

Seperti disampaikan pembaca KompasTekno, situs Twiter.com pada Jumat (11/11/2011) pagi masih mengarahkan pengunjung ke upaya penipuan. Ini karena perintah dari WIPO belum dijalankan pengelola situs tersebut. Pengguna internet diharapkan terus berhati-hati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com