Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Review

Bekerja dan Bermain Bersama Acer Aspire S3

Kompas.com - 11/11/2011, 09:41 WIB

KOMPAS.com - Untuk pengguna notebook yang superaktif dan selalu bergerak dari satu tempat ke tempat lain, membawa ultrabook yang lebih tipis dan lebih ringan adalah pilihan. Namun, tipis dan ringan saja tidak cukup. Pemilihan desain, warna, dan bahan juga tentu menjadi perhatian.

Acer Aspire S3 yang diklaim sebagai ultrabook pertama yang ada di pasaran ini, bisa jadi bahan pertimbangan untuk menemani Anda bekerja dan beraktifitas. KOMPAS Tekno menguji ultrabook buatan Acer, Aspire S3 selama sepuluh hari untuk bekerja, ber-Internet, dan bermain. Berikut hasilnya.

Desain Bagian luar Acer Aspire S3 Ultrabook terbuat dari magnesium dan alumunium yang membuat ultrabook ini kokoh meskipun tipis. Warna silver yang dipilih, membuat ultrabook ini tampak elegan dibawa kemanapun, bahkan di cafe dengan cahaya yang redup, ultrabook ini masih tetap terlihat elegan.

Dengan berat hanya 1,3 kilogram, ketebalan 13 milimeter, ultrabook ini bisa digunakan sambil berdiri atau dipangku. Saat terburu-buru, ultrabook ini bisa dinyalakan sambil berdiri. Untuk sekadar mengecek e-mail atau membaca dokumen, ultrabook ini cukup ringan dipakai sambil berdiri. Saat dipangku juga tidak terasa panas di pangkuan untuk pemakaian di bawah satu jam.

Tombol keyboard-nya sangat tipis sehingga tidak menimbulkan bunyi setiap kali mengetik, membuat jari seperti menari.

Performa Acer Aspire S3 Ultrabook menggunakan prosesor Intel Core i5-2467M berkecepatan 1,60 GHz, dengan RAM 4 GB. Hal ini yang membuat performanya tidak berat meskipun pengguna sedang melakukan streaming Youtube, sambil Twitter-an menggunakan aplikasi Tweetdeck, juga membuka e-mail dan browsing Internet. Dengan dengan adanya feature Instant On, menyalakan ultrabook ini hanya membutuhkan waktu 10 detik. Untuk terkoneksi dengan WiFi yang tersedia, hanya membutuhkan waktu 5 detik.

Lalu, KOMPAS Tekno mencoba memindahkan data sebesar 1,47 GB dari USB Flashdisk ke Aspire S3 melalui port USB 2.0 dan membutuhkan waktu kurang dari 5 menit.

Pendingin Otomatis dan Penghemat Baterai Ultrabook ini memiliki saluran pembuang panas di bagian belakang sehingga panas direduksi secara otomatis dan keluar dari sisi belakang. Hal ini yang membuat ultrabook ini aman meski diletakkan di paha. Ada pula teknologi penghemat baterai yang memungkinkan layar meredup ketika tombol keyboard dan touchpad tidak disentuh selama lima menit.

Baterai-nya bisa bertahan selama 5 jam 35 menit dengan pemakaian WiFi aktif dan mencoba membuka 12 tab browser Firefox sekaligus. Bahkan, KOMPAS Tekno sempat menggunakan ultrabook ini selama 24 jam secara bergantian,  dalam kondisi di-charge dan dilepas saat baterai penuh. Ultrabook ini tetap tidak panas dan tidak berkurang performanya. Untuk men-charge baterai sampai penuh membutuhkan waktu 2 jam.

Perangkat Lunak Unggulan Terdapat perangkat lunak pre-installed, seperti McAfee Internet Security, Acer Games, yang bisa digunakan gratis selama beberapa hari dan bisa di-install dalam full version jika sudah melakukan pendaftaran secara online. Acer Games misalnya, terdiri dari beberapa game yang diperuntukkan bagi casual gamer, dengan tingkat tantangan yang ringan namun membutuhkan kejelian dan kecepatan.

Pengguna ultrabook ini bisa mencoba puluhan game selama tiga kali untuk masing-masing game, setelah itu harus mendaftar secara online. Lalu, ada fitur Clear.fi yang dibangun Acer, memungkinkan pengguna bisa melakukan share foto, musik, dan video dari hard disk ultrabook langsung ke situs jejaring sosial maupun Youtube dengan hanya menggunakan satu aplikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com