Inilah Pemenang "Qt ITB Programming Contest 2011"

Kompas.com - 11/11/2011, 13:38 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

BANDUNG, KOMPAS.com - Semakin menjamurnya penggunaan ponsel dan smartphone di Indonesia membuat permintaan akan aplikasi mobile atau apps pun meningkat, terutama untuk aplikasi dengan bahasa dan konten lokal. Untuk meningkatkan kompetensi di bidang pemrograman mobile, Program  Studi  Teknik  Informatika,  Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama Nokia Developer menggelar "Qt  ITB  Programming  Contest  2011".

Qt ITB Programming Contest 2011 adalah kontes tahunan pemrograman yang tahun ini memasuki tahun kedua bertujuan untuk menghadirkan kompetisi pemrograman dengan standar yang tinggi dan dapat meningkatkan level kompetisi pemrograman di Indonesia.

"Kami berharap kompetisi ini dapat memperkuat wakil Indonesia di ajang kompetisi Internasional,", kata  Ketua Program Studi Teknik Informatika, Dr. Ir. Gusti Ayu Putri Saptawati, M.Comm.  

Qt ITB Programming Contest  2011 juga berusaha mengenalkan tingginya potensi pengembangan aplikasi berbasis  mobile. Qt adalah kakas pemrograman yang dapat dimanfaatkan sekaligus untuk mengembangkan aplikasi baik desktop maupun mobile.

"Kami berusaha memberikan dukungan paling maksimal kepada para pengembang lokal muda terbaik agar mereka dapat menyalurkan talentanya melalui kompetisi ini," ujar Narenda Wicaksono, Developer Manager Nokia Indonesia.  

Lomba  pemrograman ini terbagi dalam dua kategori untuk tingkat SMA dan perguruan tinggi. Lomba pemrograman tingkat SMA mengacu pada kontes International Olympiad  in Informatics (IOI) yang mana setiap tahun Indonesia selalu mengirimkan wakilnya. Sedangkan, lomba tingkat perguruan tinggi mengacu pada kontes International Collegiate Programming Contest  (ICPC) yang diselenggarakan oleh Association for Computing Machinery (ACM).  

Rangkaian  kegiatan Qt ITB Programming Contest 2011 dimulai dengan babak penyisihan yang diselenggarakan pada secara online. Untuk tingkat perguruan tinggi dilaksanakan pada tanggal 15  November 2011 dan diikuti oleh 91 tim. Penyisihan untuk  tingkat  SMA dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2011 dan diikuti oleh 160 peserta.    

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Babak final dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 November 2011 di Kampus ITB. Para peserta hadir dari berbagai SMA dan perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Setelah pertarungan sengit selama 5 jam nonstop dalam Final Qt ITB Programming Contest 2011, akhirnya diperoleh kontestan terbaik yang berhak menyandang gelar Code Champion.

Code Champion tingkat SMA adalah sebagai berikut:

  • Gold Medallist, Jessica Handojo dari SMA Santa Ursula Jakarta
  • Silver Medallist, Jonathan Irvin Gunawan dari SMAK 1 BPK Penabur Bandung
  • Silver Medallist, Muhammad Aji Muharrom dari MAN Insan Cendekia Serpong
  • Silver Medallist, Michael Desmond dari SMAK 5 BPK Penabur Jakarta
  • Bronze Medallist, Cakra Wishnu Wardhana dari SMAN 8 Yogyakarta  
  • Bronze Medallist, Muhammad Yafi dari SMAN 1 Yogyakarta

 Sedangkan Code Champion tingkat Perguruan Tinggi adalah sebagai berikut:

  • Juara 1, Tim FlyingBee (Reinhart, Hudi, Shenita) dari Bina Nusantara
  • Juara 2, Tim Saklar Lhompat (Ashar, Berty, Aji) dari Universitas Indonesia
  • Juara 3, Tim TC Faster Acquiring (Angga, Fajrin, Teguh) dari ITS Surabaya
  • Juara  Harapan 1,  Tim  cao_cao  (Yudhi  Umar,  Harrison, Budiman) dari STIMIK Mikroskil Medan
  • Juara Harapan 2, Tim Algorythmists (Kemal, Fedric, Febri) dari Universitas Indonesia.  
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.