Kompas.com - 12/11/2011, 14:25 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Samsung dan Apple terus berseteru di pengadilan di berbagai negara. Salah satunya, Australia, Samsung sedang mengusahakan agar penjualan iPhone 4S dihentikan.

Salah satu keputusan hakim Annabelle Bennett adalah Samsung boleh meneliti kode penyusun firmware yang digunakan pada salah satu chip iPhone 4S. Hal ini untuk menentukan apakah telah terjadi pelanggaran paten/hak cipta atau tidak.

Menurut TheVerge, Apple mulai menyerahkan kode penyusun itu pada 10 November 2011.  Seorang ahli piranti lunak punya waktu untuk mengamati dan meneliti kode itu hingga hari Minggu (13/11/2011).

Satu hal yang sempat alot justru masalah kontrak Apple dengan operator setempat. Apple menolak menyerahkan seluruh dokumen kontrak itu karena dianggap sebagai hal yang dirahasiakan.

Di sisi lain, Samsung bersikeras sebaliknya. Menurut pihak Samsung, dicurigai ada desakan Apple pada operator di Australia untuk memberikan subsidi lebih besar ke iPhone.

Persidangan untuk menentukan apakah penjualan iPhone 4S di Australia perlu diblokir sementara akan dimulai pada 15 November 2011 waktu setempat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.