Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Nano-SIM, Ukuran "SIM Card" Makin Imut Saja

Kompas.com - 13/11/2011, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Tak lama lagi, ukuran kartu SIM pada ponsel akan menjadi lebih kecil. Ini berkat teknologi bernama nano-SIM yang diumumkan oleh perusahaan asal Jerman,  Giesecke & Devrient (G&D).

Nano-SIM memiliki ukuran sekitar 12 x 9 mm (kurang lebih setengah inchi) atau hanya 30 persen dari ukuran micro-SIM yang digunakan pada iPhone 4 dan iPad. Nano-SIM merupakan SIM Card terkecil selama 20 tahun terakhir.

Jika dibandingkan SIM Card saat ini, nano-SIM juga lebih tipis 15 persen. Sedangkan dari sisi ukuran, dibandingkan SIM Card 'normal', nano-SIM lebih kecil 60 persen.  

Dengan ukuran SIM Card yang lebih mini, produsen ponsel bisa membuat desain untuk mencakup hal-hal lain ke dalam ponsel. Mulai dari memori, baterai hingga fitur tambahan lain. G&D berharap tahun 2012 sudah ada ponsel yang menggunakan nano-SIM.

G&D telah mengirimkan sampel nano-SIM ke beberapa operator telekomunikasi. Diharapkan nano-SIM bisa meraih standardisasi European Telecommunications Standards Institute (ETSI) pada akhir 2011.

Apple dikatakan ikut berperan dalam pengembangan nano-SIM. Bahkan, pada Mei 2011, Apple sudah mengajukan rencana menggunakan SIM Card yang lebih kecil dari sekarang. Mungkinkah nano-SIM dipakai di iPhone yang akan datang?

G&D mengatakan, nano-SIM bisa dipakai di ponsel yang ada saat ini dengan bantuan adapter. SIM Card ini akan dipamerkan dalam pameran Cartes & Identification 2011, 15 November 2011 di Paris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com