Dengan Nano-SIM, Ukuran "SIM Card" Makin Imut Saja

Kompas.com - 13/11/2011, 10:15 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Tak lama lagi, ukuran kartu SIM pada ponsel akan menjadi lebih kecil. Ini berkat teknologi bernama nano-SIM yang diumumkan oleh perusahaan asal Jerman,  Giesecke & Devrient (G&D).

Nano-SIM memiliki ukuran sekitar 12 x 9 mm (kurang lebih setengah inchi) atau hanya 30 persen dari ukuran micro-SIM yang digunakan pada iPhone 4 dan iPad. Nano-SIM merupakan SIM Card terkecil selama 20 tahun terakhir.

Jika dibandingkan SIM Card saat ini, nano-SIM juga lebih tipis 15 persen. Sedangkan dari sisi ukuran, dibandingkan SIM Card 'normal', nano-SIM lebih kecil 60 persen.  

Dengan ukuran SIM Card yang lebih mini, produsen ponsel bisa membuat desain untuk mencakup hal-hal lain ke dalam ponsel. Mulai dari memori, baterai hingga fitur tambahan lain. G&D berharap tahun 2012 sudah ada ponsel yang menggunakan nano-SIM.

G&D telah mengirimkan sampel nano-SIM ke beberapa operator telekomunikasi. Diharapkan nano-SIM bisa meraih standardisasi European Telecommunications Standards Institute (ETSI) pada akhir 2011.

Apple dikatakan ikut berperan dalam pengembangan nano-SIM. Bahkan, pada Mei 2011, Apple sudah mengajukan rencana menggunakan SIM Card yang lebih kecil dari sekarang. Mungkinkah nano-SIM dipakai di iPhone yang akan datang?

G&D mengatakan, nano-SIM bisa dipakai di ponsel yang ada saat ini dengan bantuan adapter. SIM Card ini akan dipamerkan dalam pameran Cartes & Identification 2011, 15 November 2011 di Paris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.