Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Bayi di YouTube Dihargai Rp 1,4 Miliar

Kompas.com - 14/11/2011, 10:29 WIB

KOMPAS.com — Situs web video sharing YouTube membayar 100.000 poundsterling (sekitar Rp 1,4 miliar) ke sebuah keluarga yang meng-upload sejumlah rekaman video ke YouTube. Saat ini, video-video lucu dari keluarga tersebut telah menjadi perbincangan banyak orang dan menjadi sangat populer di YouTube.

Video yang di-upload tersebut sebenarnya hanya merupakan koleksi pribadi keluarga itu, isinya mulai dari seorang bayi bernama "Charlie" yang sedang tertawa atau menangis, hingga Charlie yang sedang menggigit jari kakaknya, "Harry". Namun, video-video telah ditonton oleh jutaan orang. Bahkan, ada satu video yang berjudul "Charlie bit my finger-again!" yang telah ditonton lebih dari 387 juta kali.

YouTube telah melakukan pembicaraan dengan orang tua dari Charlie dan Harry, mereka telah sepakat berbagi pendapatan atas iklan yang muncul di video-video tersebut.

YouTube memang selalu memonitor semua video yang di-upload ke server mereka. Bila ada indikasi video tersebut akan jadi populer, YouTube akan langsung menghubungi pemilik video tersebut dan menawarkan kerja sama "bagi hasil" iklan.

Saat ini, YouTube sedang mengembangkan algoritma yang dapat secara otomatis mendeteksi video yang menjadi hit di internet.  

Iklan yang muncul pada halaman atau tertanam dalam video dapat menghasilkan aliran pendapatan yang besar, ini yang kemudian dibagi YouTube ke pemilik video tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com