Video Bayi di YouTube Dihargai Rp 1,4 Miliar

Kompas.com - 14/11/2011, 10:29 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Situs web video sharing YouTube membayar 100.000 poundsterling (sekitar Rp 1,4 miliar) ke sebuah keluarga yang meng-upload sejumlah rekaman video ke YouTube. Saat ini, video-video lucu dari keluarga tersebut telah menjadi perbincangan banyak orang dan menjadi sangat populer di YouTube.

Video yang di-upload tersebut sebenarnya hanya merupakan koleksi pribadi keluarga itu, isinya mulai dari seorang bayi bernama "Charlie" yang sedang tertawa atau menangis, hingga Charlie yang sedang menggigit jari kakaknya, "Harry". Namun, video-video telah ditonton oleh jutaan orang. Bahkan, ada satu video yang berjudul "Charlie bit my finger-again!" yang telah ditonton lebih dari 387 juta kali.

YouTube telah melakukan pembicaraan dengan orang tua dari Charlie dan Harry, mereka telah sepakat berbagi pendapatan atas iklan yang muncul di video-video tersebut.

YouTube memang selalu memonitor semua video yang di-upload ke server mereka. Bila ada indikasi video tersebut akan jadi populer, YouTube akan langsung menghubungi pemilik video tersebut dan menawarkan kerja sama "bagi hasil" iklan.

Saat ini, YouTube sedang mengembangkan algoritma yang dapat secara otomatis mendeteksi video yang menjadi hit di internet.  

Iklan yang muncul pada halaman atau tertanam dalam video dapat menghasilkan aliran pendapatan yang besar, ini yang kemudian dibagi YouTube ke pemilik video tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.