Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Umbar Source Code Android 4

Kompas.com - 15/11/2011, 08:39 WIB

KOMPAS.com  - Google memenuhi janjinya untuk mengungkap kode penyusun sistem operasi Android Ice Cream Sandwich alias Android 4. Kode yang dirilis adalah Android 4.0.1, yaitu yang digunakan pada Samsung Galaxy Nexus.

Ini adalah untuk pertama kalinya Google merilis kode di balik sistem operasi untuk tablet. Sebelumnya, kode penyusun Android Honeycomb tidak dirilis ke publik.

Adanya source code yang dirilis ke publik membuka kesempatan pengoprek untuk membuat Custom ROM. Ini biasanya digunakan untuk eksperimen maupun untuk memperbaiki kinerja sistem pada perangkat yang ada di pasaran.

Tidak seperti biasanya, kode penyusun Android Ice Cream Sandwich dikeluarkan sebelum adanya perangkat yang menggunakan sistem operasi itu di pasaran. Artinya, komunitas pengoprek punya kesempatan lebih awal untuk mempelajarinya.

Teorinya, rilis Android 4.0.1 ini mengandung juga kode untuk Android Honeycomb. Namun Google sengaja tidak memberi penanda khusus bagian mana yang dari Honeycomb dan bagian mana yang Ice Cream Sandwich.

"Rilis ini mencakup seluruh versi sebelumnya (history) dari source code tree Android, yang artinya juga mencakup source code Honeycomb. Tapi, karena menurut kami Honeycomb itu agak tidak lengkap, kami mau semua orang untuk fokus ke Ice Cream Sandwich," kata Jean-Baptiste Queru, Software Engineer, Android Open-Source Project, Google.

Ingin mencobanya? Silakan lihat instruksinya pada pesan berikut di mailing list Android

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com