Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Developer Ungkap Rahasia Siri di iPhone 4S

Kompas.com - 15/11/2011, 12:34 WIB

KOMPAS.com - Sekelompok pembuat aplikasi, melalui serangkaian eksperimen, berhasil membongkar rahasia di balik cara kerja Siri. Teorinya, Siri kini bisa diakses dari perangkat apapun.

Hal itu dilakukan Applidium, yang kemudian mempublikasikan metode yang mereka lakukan serta serangkaian tools yang berguna untuk mengoprek Siri lebih lanjut di blognya.

"Hari ini kami berhasil membongkar protokol Siri. Hasilnya, kami bisa menggunakan mesin Siri dari perangkat apapun. Ya, itu artinya siapapun bisa membuat aplikasi Android yang memakai Siri sungguhan! Atau di iPad!" tulis kelompok itu.

Apa yang ditemukan oleh Applidium adalah bahwa komunikasi antara aplikasi Siri di iPhone 4S dengan server Siri di Apple dilakukan melalui jalur TCP. Dari situ mereka berhasil melacak server yang digunakan serta seperti apa bentuk data yang dikirim.

Berikut adalah beberapa hal yang berhasil diungkap oleh Applidium:

  • Data audio yang dikirimkan ke server Siri adalah data audio mentah. Data ini dikompresi dengan codec Speex, yang memang dirancang untuk komunikasi lewat internet (VoIP).
  • Setiap iPhone 4S memiliki nomor identifikasi khas. Nomor ini senantiasa digunakan sepanjang komunikasi dengan Siri untuk memastikan bahwa yang mengaksesnya memang iPhone 4S. Applidium menyediakan tools untuk mengekstrak nomor ini dari perangkat iPhone 4S.
  • Selama menggunakan Siri, ada banyak sekali komunikasi antara iPhone 4S dengan server Apple. Termasuk, misalnya, data mengenai seberapa cepat pengguna mengetikkan perintah dan kapan setiap kata diketikkan saat mengakses Siri dengan text-to-speech.

Tentunya, apa yang diungkap oleh Applidium ini memanfaatkan beberapa 'kelemahan' di sistem yang digunakan. Bisa jadi dalam waktu dekat 'celah' tersebut sudah ditutup oleh Apple.

Ingin tahu lebih lanjut, atau bahkan mau mencobanya sendiri? Silakan kunjungi blog Applidium

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com