Samsung Persilakan Apple Jualan iPhone 4S di Korea

Kompas.com - 15/11/2011, 16:31 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Samsung Electronics telah memutuskan untuk tidak memblokir penjualan produk Apple di Korea. Padahal, sebelumnya eksekutif Samsung tengah berdebat sengit untuk memblokir produk besutan Steve Jobs tersebut.

Produk baru Apple, iPhone 4S, mulai dijual di pasaran Korea pada Jumat akhir pekan lalu. Seperti yang dilaporkan surat kabar The Chosun Ilbo, Selasa (15/11/2011), internal Samsung sempat berdebat hingga hari peluncuran iPhone 4S, apakah mau menggugat Apple atau tidak.

Langkah serupa ini telah dilakukan Samsung di Perancis, Italia, Australia, hingga Jepang. Di Italia, Samsung ingin memblokir Apple yang rencananya akan meluncurkan iPhone 4S pada 4 November 2011. Pemblokiran tersebut karena Apple dinilai melanggar dua hak paten perusahaan Korea. Namun, Samsung akhirnya kalah dalam pengadilan di Italia.

"Kami memutuskan untuk bertarung (di pengadilan) melawan Apple di pasar global, tapi tidak kalau hanya demi menambah pangsa pasar di Korea," sebut seorang eksekutif Samsung yang tidak disebutkan namanya.

Pasar Samsung di Korea Selatan memang sangat dominan, mulai dari ponsel hingga produk elektronik rumahan. Bisa jadi Samsung merasa dominasinya sudah cukup sehingga tak perlu lagi melawan Apple. Belum lagi, tentunya, masalah pencitraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.