Kian Sulit Cari Pasangan di Shanghai

Kompas.com - 16/11/2011, 07:48 WIB
EditorEgidius Patnistik

SHANGHAI, KOMPAS.com — Semakin sulit mencari pasangan di Shanghai. Ribuan pria lajang Shanghai turut serta dalam pesta mencari jodoh di kota metropolitan itu. Sensus menunjukkan persentase wanita lajang yang sudah berumur semakin meningkat, sementara persentase bujang lapuk malah menurun.

Seorang ahli menyatakan, hal itu terjadi lantaran perempuan Shanghai kini makin selektif dalam mencari pasangan hidupnya. Dalam acara tersebut, terjual 6.000 tiket untuk perempuan dan 4.000 tiket untuk laki-laki. ”Sekarang perempuan lebih dapat menghidupi dirinya sendiri dan lebih independen,” ujar Zhou Juemin, Presiden Asosiasi Biro Jodoh Shanghai, penyelenggara acara.

”Selain sibuk, perempuan Shanghai kini juga lebih mementingkan karier ketimbang pernikahan,” ujarnya. Tidak hanya para jomblo, ada 300 orangtua yang anaknya belum menikah diberikan tempat khusus dalam acara ini. (Reuters/Joe/Was)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.