Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tidak Menjadi Perokok Pasif

Kompas.com - 18/11/2011, 09:24 WIB

Kompas.com - Perokok pasif memiliki risiko terhadap sejumlah penyakit yang hampir sama dengan perokok aktif, bahkan bisa jadi lebih berat. Dengan langkah sederhana ini, Anda bisa mengurangi atau menghilangkan asap rokok dan menghindari diri dari perokok pasif.

- Tidak ada yang merokok di rumah

Buat aturan agar rumah menjadi tempat bebas asap rokok. Bila ada anggota keluarga, sanak famili, maupun tamu yang ingin merokok, minta mereka merokok di luar rumah. Jangan bergantung pada sistem ventilasi atau pun bukaan jendela untuk membersihkan udara di dalam rumah.

- Stop merokok di dalam mobil

Selain rumah, minta seluruh anggota keluarga, termasuk teman, yang ingin menumpang kendaraan Anda untuk tidak merokok di dalam mobil.

- Pembatasan tempat merokok di tempat kerja

Beruntung saat ini sudah ada aturan yang tidak membolehkan perokok mengisap rokok di dalam ruangan, termasuk ruang kerja. Kalau kantor Anda belum menjalankan aturan tersebut, minta perusahaan segera menerapkannya. Toh aturan ini juga bernilai positif bagi seluruh karyawan.

- Hargai tempat bebas asap rokok

Banyak restoran, mal, maupun tempat hiburan yang benar-benar menerapkan aturan bebas asap rokok. Beri apresiasi kepada pihak manajemen bila menjumpai tempat bebas asap rokok ini.

- Jauh-jauh dari perokok

Bila Anda mesti berbagi ruang dengan perokok, duduk sejauh mungkin dari mereka. (GHS/dee)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com