Steve Jobs Dituding Sebarkan Kultur Egois

Kompas.com - 21/11/2011, 13:15 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Pimpinan agama Yahudi di Inggris, Chief Rabbi Lord Sacks, menampilkan pidato yang mengecam mendiang Steve Jobs dalam sebuah forum antaragama di Inggris. Jobs dianggap bertanggung jawab menghasilkan kultur konsumtif yang egois.

"Masyarakat konsumen saat ini dibangun landasannya oleh Steve Jobs, saat ia turun gunung membawa dua tablet, iPad dan iPad 2. Hasilnya kini kita memiliki sebuah budaya iPod, iPhone, iTunes, i, i, i," tutur Sacks.

Turun gunung yang dimaksud Sacks mengacu pada kisah Musa yang membawa dua lempeng batu (tablet) berisi 10 perintah Tuhan. Namun, "ajaran" yang dibawa Jobs, menurut Sacks, hanya mengedepankan diri sendiri dan tidak memedulikan orang lain.

Tentunya, Jobs bukan satu-satunya sosok yang dianggap bertanggung jawab. Sacks juga menyindir industri iklan yang mendukungnya. Menurut dia, iklan hanya membuat masyarakat sadar akan barang apa yang mereka tidak punya, bukannya mensyukuri apa yang sudah mereka miliki.

Solusinya, lanjut Sacks, adalah kembali pada keluarga dan iman masing-masing. "Kecuali kita kembali ke nilai-nilai ini, kita akan berhasil membuat anak cucu kita makin tidak bahagia," katanya.

Di sisi lain, pandangan Sacks ini tidak perlu ditelan mentah-mentah. Toh, banyak juga yang merasakan manfaat dari keberadaan gadget seperti iPad, iPhone, ataupun iPod yang diusung Jobs.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.