Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Aplikasi Windows Phone Tembus 40 Ribu Apps

Kompas.com - 21/11/2011, 13:58 WIB

KOMPAS.com - Toko aplikasi mobile milik Microsoft, Windows Phone Marketplace saat ini telah memiliki lebih dari 40.000 aplikasi. Aplikasi-aplikasi ini berasal dari sekitar 10.000 perusahaan pengembang (publisher) aplikasi dan game.

Pencapaian ini, sekitar 33 persen-nya dicapai dalam 90 hari terakhir ini. Ini berarti terdapat penambahan aplikasi yang cukup signifikan, ada sekitar 13.000 apps dan game baru dalam jangka waktu tiga bulan.

Di Windows Phone Marketplace ini didominasi oleh apps dalam berbagai kategori sebanyak 85 persen dan game sebanyak 15 persen. Sebagian besar (68 persen) aplikasinya tersedia gratis, 23 persen berbayar, dan ada 9 persen aplikasi trial (try & buy).

Seperti yang dikutip dari CNet, seorang pengamat Windows Phone mengatakan jumlah aplikasi di Windows Phone Marketplace dapat mencapai lebih dari 50.000 apps pada akhir bulan Januari 2012. Prediksi ini tentu menjadi sebuah berita gembira untuk pengguna smartphone Windows Phone.

Meski masih terbilang sedikit bila dibanding toko aplikasi pesaingnya, raihan ini merupakan prestasi tersendiri untuk sebuah sistem operasi mobile yang sedang "surut" . Apalagi Windows Phone Marketplace sebenarnya baru hadir pada bulan Oktober 2010 lalu.

Sebagai info, App Store milik Apple yang diperkenalkan pada 2008, sampai bulan Oktober kemarin telah memiliki lebih dari 500.000 apps, meningkat 150.000 apps hanya dalam waktu empat bulan. Sementara itu, toko aplikasi Android (Android Market), yang dirilis pertama kali pada 2008 juga, saat ini telah memiliki lebih dari 300.000 aplikasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com