Toko Aplikasi Windows Phone Tembus 40 Ribu Apps

Kompas.com - 21/11/2011, 13:58 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Toko aplikasi mobile milik Microsoft, Windows Phone Marketplace saat ini telah memiliki lebih dari 40.000 aplikasi. Aplikasi-aplikasi ini berasal dari sekitar 10.000 perusahaan pengembang (publisher) aplikasi dan game.

Pencapaian ini, sekitar 33 persen-nya dicapai dalam 90 hari terakhir ini. Ini berarti terdapat penambahan aplikasi yang cukup signifikan, ada sekitar 13.000 apps dan game baru dalam jangka waktu tiga bulan.

Di Windows Phone Marketplace ini didominasi oleh apps dalam berbagai kategori sebanyak 85 persen dan game sebanyak 15 persen. Sebagian besar (68 persen) aplikasinya tersedia gratis, 23 persen berbayar, dan ada 9 persen aplikasi trial (try & buy).

Seperti yang dikutip dari CNet, seorang pengamat Windows Phone mengatakan jumlah aplikasi di Windows Phone Marketplace dapat mencapai lebih dari 50.000 apps pada akhir bulan Januari 2012. Prediksi ini tentu menjadi sebuah berita gembira untuk pengguna smartphone Windows Phone.

Meski masih terbilang sedikit bila dibanding toko aplikasi pesaingnya, raihan ini merupakan prestasi tersendiri untuk sebuah sistem operasi mobile yang sedang "surut" . Apalagi Windows Phone Marketplace sebenarnya baru hadir pada bulan Oktober 2010 lalu.

Sebagai info, App Store milik Apple yang diperkenalkan pada 2008, sampai bulan Oktober kemarin telah memiliki lebih dari 500.000 apps, meningkat 150.000 apps hanya dalam waktu empat bulan. Sementara itu, toko aplikasi Android (Android Market), yang dirilis pertama kali pada 2008 juga, saat ini telah memiliki lebih dari 300.000 aplikasi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.