Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vendor Chromebook Ramai-ramai Turunkan Harga

Kompas.com - 22/11/2011, 19:36 WIB

KOMPAS.com - Google telah mengeluarkan konsep tablet terbaru yakni Chromebook pada bulan Mei 2011. Saat itu harga dasar yang dipatok Google adalah 329 dolar AS.

Chromebook yang diproduksi oleh beragam perusahaan seperti Acer, Samsung, dan Verizon kemudian memiliki harga yang berbeda-beda tergantung perusahaan yang memproduksinya. Kini, semua perusahaan tersebut menurunkan harga jual.

Samsung menurunkan harga Chromebook seri 5 dari 429 dolar AS menjadi 349 dolar AS. Acer memotong harga Chromebook dengan model AC700 versi Wi-Fi dari 349 dollar AS menjadi 299 dollar AS. Model Verizon broadband 3G dijual seharga 300 dolar AS, turun dari 449 dolar AS.

Penurunan harga tersebut disinyalir karena tidak lakunya Chromebook di pasaran dan membuat produk ini nyaris tak bergerak dari rak toko. Roger Kay, presiden perusahaan riset Endpoint Technologies Associates percaya, Chromebook memiliki riwayat penjualan yang buruk sejak diluncurkan ke pasar.

Google enggan berkomentar tentang rumor yang menyatakan bahwa turunnya harga Chromebook di seluruh dunia diakibatkan oleh penjualan yang buruk. Venkat Rapaka, manajer produk senior Google menyatakan perusahaan hanya sedang berupaya agar harga Chromebook lebih terjangkau. "Ini didorong oleh umpan balik positif yang kami terima dari konsumen dimana tingkat adopsi produk dilakukan oleh kalangan sekolah dan dunia bisnis," jelasnya.

Ide dibalik Chromebook sebetulnya adalah menyederhanakan komputasi. Chromebook mengubah gaya hidup seseorang yang bergantung kepada komputer tradisional di rumah menjadi perangkat yang bsia bergerak dan dibawa pengguna kemana saja. Jika selama ini pengguna menyimpan data apapun di komputer, dengan chromebook semua bisa disimpan di web. Maka tak heran Chromebook sangat mengandalkan akses Internet.

Masalah utama dari Chromebook ini adalah akses Internet dan sistem cloud yang digunakannya. Pengguna harus selalu terkoneksi dengan Internet untuk melakukan segala aktifitas di Chromebook, padahal konektivitas Internet di satu tempat dengan tempat lain sangat berbeda.

Penurunan harga mungkin saja bisa memancing peningkatan penjualan, namun kita tak pernah tahu rencana apa yang disiapkan Google untuk proyek idealisnya ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com