Dapat Rumah, Puncak Prestasi Seorang Blogger

Kompas.com - 24/11/2011, 03:45 WIB
Editor

Oleh:Harris Maulana 
Kompasiana:harris

Apa sih sebenarnya tolok ukur prestasi seorang blogger? Apakah dengan banyaknya pembaca dan komentar dalam setiap tulisannya? Atau pernah menerbitkan sebuah buku? Sampai saat ini, belum ada kriteria yang jelas dalam menentukan seorang blogger yang sukses. Namun bagi saya, apa yang saya peroleh dari kegiat¬an nge-blog hingga hari ini adalah sebuah pencapaian puncak prestasi seorang blogger.

Lalu, apa yang saya dapat? Medio 2008, saya mulai menulis iseng dalam blog pribadi, lalu ikut sebuah lomba blog, dan tanpa diduga saya memenangkan hadiah utama yaitu sebuah rumah! Sejak saat itu saya mulai keranjingan ikut lomba blog. Berbagai kontes berhasil saya menangkan, mulai dari gadget seperti ponsel, modem, berbagai voucher sampai jalan-jalan keluar negeri untuk pertama kalinya.

Dan terakhir saya memenangkan sebuah lomba yang hadiahnya gratis jalan-jalan keliling Indonesia selama 19 hari. Saya mendapat tugas meliput keindahan wisata di pulau Sumatera, dari Jambi hingga ke Aceh. Pencapaian prestasi saya tidak berhenti di situ. Minggu lalu, saya mendapat mention(sapaan di Twitter) dari seseorang bahwa saya dipilih menjadi salah satu blogger yang diminta meliput SEA Games 2011 di Palembang. Tanpa diminta dua kali, saya langsung menyetujuinya. Bagi saya ini sebuah prestasi tersendiri, karena tanpa ikut suatu lomba saya terpilih menjadi salah satu peliput dan berhasil mewawancarai Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin (Headline Kompasiana tanggal 17 November 2011).

Itulah puncak prestasi saya sebagai seorang blogger, dan sudah waktunya saya berbagi dengan blogger-blogger muda yang ingin menjadi pemenang dalam lomba blog. Saya pun mulai membatasi diri mengikuti lomba-lomba dan mulai membagi tips bagaimana cara memenangkan sebuah lomba blog.

Sudah banyak manfaat yang saya dapat lewat blog walaupun menulis merupakan pekerjaan sampingan. Dan jujur saya bangga menjadi seorang blogger.

Selengkapnya: http://kom.ps/edCA

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.