Apple Bolehkan Langganan Game di iPad dan iPhone

Kompas.com - 24/11/2011, 08:50 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Apple kini membolehkan penerbit game menawarkan layanan mereka secara berlangganan. Ini sama seperti orang bisa berlangganan majalah, koran atau video di App Store-nya Apple.

Big Fish game akan menjadi penerbit game pertama yang memanfaatkan skema baru ini. Mereka menawarkan beberapa game iPad dengan biaya langganan 6,99 dollar AS per bulan. Sistem yang ditawarkan BigFish adalah bermain game melalui streaming online. Artinya, setiap kali mau bermain, pengguna iPad harus selalu terhubung ke internet.

Seperti penerbit majalah atau koran, Apple akan mendapatkan jatah 30 persen dari setiap pengguna yang berlangganan game lewat iTunes. Harga promosi dari Big Fish adalah 4,99 dollar AS, namun harga normalnya 6,99 dollar AS.

Skema baru ini bisa jadi tren baru di kalangan penerbit game untuk iOS. Terutama buat mereka yang memiliki banyak judul game, seperti Electronic Arts, Digital Chocolate, Zynga atau Gameloft dan lainnya.

Skema ini menjadi alternatif baru dalam upaya meraup uang bagi penerbit game. Saat ini, skema 'freemium' termasuk yang paling populer. Skema ini menggratiskan download game namun memungut bayaran untuk hal-hal tertentu di dalam game (in-app purchase).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.