Portege Z830 Ramaikan Pasar Ultrabook Tanah Air

Kompas.com - 24/11/2011, 13:48 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toshiba merilis ultrabook perdananya, Portege Z830 yang menggunakan prosesor Intel Core ultra low voltage (ULV) generasi kedua dan mempunyai ketebalan hanya 15,99 mm untuk pasar Indonesia, hari ini (24/11/2011). Ultrabook tersebut lebih tipis 40 persen daripada seri Portege R830 yang telah diluncurkan sebelumnya.

Wong Wai Meng, Senior Manager PC Product Marketing Toshiba Singapore Pte Ltd Digital Products and Service Group menyatakan seri terbaru ini ditawarkan lebih ringan dan lebih ramping. "Orang cenderung mencari yang lebih ringan, sehingga mudah ditenteng kemana saja," ungkap Wong di Jakarta, Kamis (24/11/2011).

Untuk beratnya, ultrabook ini hanya 1,12 kg, lebih ringan 20 persen dari seri Portege R830. Bodinya yang ringan ini ditopang oleh Solid State Drive (SSD) 128 GB sehingga juga membuat ultrabook makin tipis.

Ultrabook ini menggunakan casing dari bahan magnesium alloy agar ringan dan lebih kuat. Portege Z830 memiliki desain yang disebut Honeycomb Rib yang membuatnya lebih tahan goncangan dan tahan terhadap tumpahan air. Keyboard yang tahan tumpahan air ini memberikan waktu untuk mematikan laptop dan melindungi data yang tersimpan sebelum mematikannya.

Layarnya berukuran 13,3 inci dengan LED backlit dan memiliki resolusi 1.366 x 768 piksel serta didukung prosesor Intel Core seri i5 atau i7 dan RAM (standar) sampai 6 GB.

Untuk penunjang koneksi, Portege Z830 dilengkapi dengan dua port USB 2.0, satu port USB 3.0, HDMI dan VGA out, serta WiFi 802.11 b/g/n . Selain itu terdapat webcam 1,3 MP dan fitur keamanan fingerprint scanner serta daya tahan baterai diklaim mampu bertahan hingga 8 jam.

"Beda dengan yang lain, Toshiba Portege ini hanya memerlukan waktu booting 2 detik dari posisi mati," jelasnya. Ultrabook ini akan tersedia di pasar Indonesia mulai Desember 2011 dan dijual dengan harga mulai 1429 dolar AS.

Peluncuran ultrabook Toshiba ini tentu "meramaikan" persaingan pasar ultrabook di Indonesia. Sebelumnya, Acer telah merilis Aspire S3 pada akhir September lalu dan menyusl Asus dengan produk ultrabook-nya, Zenbook pada awal November.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.