Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astronot Bermain Bisbol di Luar Angkasa

Kompas.com - 25/11/2011, 16:02 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Ini mungkin permainan bisbol paling aneh. Astronot asal Jepang yang menghabiskan waktu lebih dari lima bulan di International Space Station (ISS), Satoshi Furukawa, adalah pemain bisbol teraneh tersebut.

Tak seperti permainan bisbol biasanya yang dilakukan dalam grup, Furukawa melakukannya sendiri. Permainan juga tak biasa karena Furukawa melakukannya di ISS, dimana gravitasinya mendekati nol.

Furukawa merekam momen saat ia bermain bisbol. Rekaman kemudian diunggah ke Youtube dan selama beberapa waktu terakhir telah mengundang banyak orang untuk menyaksikannya.

Dalam video itu, terlihat bahwa Furukawa melempar bola, memukulnya, dan menangkapnya sendiri. Begitu bola dilempar dan bergerak pelan, Furukawa segera menjemput bola dan memukulnya ke arah lain dan menangkapnya lagi.

Adanya video ini setidaknya menunjukkan bahwa astronot ISS pun cukup punya kreatifitas untuk bersenang-senang dalam keterbatasan. Sebab, di sana tak banyak yang bisa dinikmati selain pemandangan Bumi.

Setelah lebih dari 5 bulan berada di ISS, Furukawa telah kembali ke Bumi dan mendarat di Kazakhstan pada Selasa (22/11/2011) tepat sebelum Matahari terbit waktu setempat (09.26 WIB).

Satoshi kini berusia 47 tahun dan merupakan astronot Jepang yang menghabiskan waktu terlama di ISS. Ia punya latar belakang pendidikan kedokteran namun berhasil mendapat sertifikat sebagai astronot tahun 2001.

<iframe width="620" height="370" src="http://www.youtube.com/embed/kmnVrW7vGeQ" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

 url video : http://www.youtube.com/watch?v=kmnVrW7vGeQ

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com