Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Manfaatkan NFC dari Bisnis Angry Birds

Kompas.com - 25/11/2011, 22:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi NFC (near filed communication) diperkirakan akan menjadi tren baru di industri ponsel di dunia. Satu demi satu, platform smartphone mendukung NFC. Sudah banyak model bisnis yang dikembangkan memanfaatkan NFC, misalnya untuk transaksi mikro cukup dengan menempelkan ponsel ke counter kasir atau sekadar untuk bermian interaktif antara dua perangkat smartphone.

Tapi, ada satu contoh perusahaan yang telah memenfaatkan NFC untuk mendukung lini produk dan layanannya secara terintegrasi. Kenal dengan Angry Birds kan? Selama ini memang dikenal sebagai game dengan karakter burung yang sangat populer. Namun, Rovio dan Finlandia selaku pengembangnya tidak puas hanya membuat game. Angry Birds dikembangkan menjadi merek produk dan layanan dan NFC berperan di sana. 

Di mana perannya? Narenda Wicaksono, Developer Operation Manager Nokia Indonesia, menjelaskan contoh pemanfaatan teknologi NFC oleh pengembang Angry Birds saat menjadi pembicara dalam  #StartUpLokal meet up v.19 di Jakarta, Kamis (24/11/2011) malam lalu di FX, Jakarta.

"Pengembang Angry Birds berhasil memanfaatkan teknologi NFC untuk mengembangkan bisnis merchandise mereka. Kini tidak hanya game saja yang unggul, boneka-boneka Angry Birds juga dicari-cari oleh pengemarnya," jelas Narenda.

Angry Birds semula merupakan game yang dikhususkan untuk pengguna iOS, kemudian  dikembangkan menjadi game yang bisa di-download di PC dan ponsel pintar dengan beragam platform. Pesatnya pertumbuhan game ini ternyata tidak membuat produsennya berpuas diri. Angry Birds mulai menjual merchandise, dan pemasarannya didukung dengan teknologi NFC. Bagaimana caranya?

"Sekarang untuk unlocked special character di Angry Birds, gamer harus membeli merchandise original lalu men-scan foto boneka atau merchandise Angry Birds lainnya. Angry Birds sekarang bukan sekadar game, tapi brand!" ujarnya.

Tentu saja karena rasa penasaran dengan game tersebut, gamer tak akan segan-segan untuk membeli merchandise. Selain bisa digunakan untuk membuka kunci karakter spesial, merchandise Angry Birds juga tampak keren dipajang di kamar atau ruang tamu.

Teknologi NFC adalah teknologi pertukaran data antardua perangkat dengan jarak tidak lebih dari  4 sentimeter. Teknologi ini pada awal pengembangannya digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau hotel untuk mengkoneksikan ID card karyawan ke alat absensi atau ke perangkat lift. Teknologi ini berkembang ke ponsel setelah dimulai oleh Nokia yang memproduksi ponsel pertama yang memiliki teknologi NFC pada tahun 2006.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com