Kompas.com - 26/11/2011, 10:45 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Aktivitas yang padat masyarakat perkotaan membuat waktu semakin sempit. Termasuk untuk belanja kebutuhan penunjang di rumah tangga maupun dalam berpenampilan. Situs belanja online kemudian menjadi alternatif berbelanja yang praktis, cepat, mudah, dan semakin terpercaya. Penyedia jasa belanja online pun kian beragam, mulai konsep mal online hingga department store online.

Lojai (www.lojai.com) mengklaim sebagai satu-satunya department store online di Indonesia yang menyediakan sekitar 200.000 produk, lebih dari 30 vendor terkemuka. Didukung sistem pembayaran yang lengkap, bekerjasama dengan bank lokal dan multinasional, Lojai, mendapat kepercayaan lebih dari pelanggannya. Alhasil, pertumbuhan belanja online dari sejak Lojai diluncurkan Oktober 2010, hingga Juli 2011, mencapai 260 persen.

Dari ratusan produk yang tersedia, pebelanja online dari Jakarta hingga Papua, menggemari gadget, elektronik, jam tangan, peralatan rumah tangga, dan fashion. Inilah lima besar produk terfavorit yang dibelanjakan melalui Lojai.

Untuk gadget, pembeli cenderung menyukai memesan dan bertransaksi online produk ponsel pintar seperti Blackberry, iPhone, ponsel Android dan berbagai ponsel kategori smartphone lainnya. Alat memasak juga menjadi pilihan pembeli saat berbelanja online. Produk fashion favorit yang menjadi incaran pebelanja online di antaranya busana dan sepatu untuk orang dewasa.

"Belanja online menjadi kebutuhan dan minim risiko dengan infrastuktur dan sistem pembayaran yang terpercaya. Belanja online mengurangi berbagai risiko di jalan, dibandingkan kalau pembeli datang langsung ke departement store misalnya, dan juga lebih hemat jika dihitung dari biaya transportasi seperti bensin dan parkir misalnya. Harga produk di toko online juga sama dengan harga di toko offline," jelas Agus Tjandra, Chief Executive Officer Lojai saat temu media di Plaza Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Agus, belanja online akan terus berkembang. Seperti di Korea Selatan, belanja online menjadi pilihan penduduk kota yang sibuk, untuk memenuhi kebutuhan harian rumah tangga. Dengan kecanggihan teknologi, pembeli hanya perlu memindai barcode pada foto produk yang dipajang di area publik misalnya. Mereka pun dapat berbelanja melalui ponsel pintar, yang terkoneksi langsung dengan toko online.

Pengiriman barang pun cepat dan terukur, didukung oleh sistem pembayaran yang semakin baik dan mudah. Agus menjelaskan, dalam berbelanja online, pengiriman barang bergantung pada transaksi online yang dilakukan. Semakin cepat transaksi dilakukan, semakin cepat barang diantarkan. Rata-rata, pengiriman barang 1-3 hari untuk area Jakarta.

"Pengiriman barang dihitung dari waktu pembayaran bukan waktu pemesanan. Maksimal tiga hari kalau di Jakarta," kata Agus.

Pembayaran menggunakan kartu kredit memudahkan pembeli untuk berbelanja di toko online. Namun, memang tak sembarang toko online yang mendapatkan kepercayaan juga izin resmi menggunakan transaksi kartu kredit saat belanja online.

"Transaksi belanja di Lojai banyak menggunakan kartu kredit, sekitar 50-60 persen," imbuhnya.

Harga yang bervariasi dan sama dengan toko offline, menjadi daya tarik toko online. Lojai sendiri menyediakan ragam produk mulai harga Rp 35.000 hingga Rp 10 juta untuk produk otomotif seperti motor misalnya. Saat berbelanja, Anda juga dimudahkan dengan memilih produk berdasarkan kategori harga.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.