Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar "Retina" Sudah Siap, iPad 3 Segera Hadir

Kompas.com - 29/11/2011, 11:02 WIB

KOMPAS.com - Kabar gembira untuk penggemar iPad. Layar iPad 3, yang akan memiliki kemampuan "retina display", sudah diproduksi. Siap untuk rilis awal 2012.

Kabar ini tersiar dari analis Display Search, Richard Shim yang mengatakan produksi layar untuk iPad 3 sudah mulai dilakukan. Apple Inc memasok layarnya dari tiga perusahaan besar, yakni Samsung, Sharp, dan LG Display.

Butuh waktu beberapa minggu agar layar yang diproduksi itu bisa sampai ke manufaktur. Shim memperkirakan, perangkat jadi akan mulai terwujud pada Desember 2011. "Produk jadi akan mulai siap untuk dikirimkan ke seluruh dunia pada Januari (2012). Kemudian siap untuk memenuhi volume permintaan yang meningkat pada bulan Februari dan Maret," jelas Shim kepada Cnet.

Berdasarkan perkiraan yang ada, karena belum ada informasi resmi dari Apple, iPad 3 akan hadir dengan layar 9, 7 inci dan resolusi 2048 x 1536 pixel. Ini berarti, kerapatan pixelnya mencapai 264 pixel per inci. Produk iPad 2 saat ini hanya memiliki kerapatan 132 pixel per inci.

Jika benar, tampilan iPad 3 diyakini akan jauh lebih memukau dibandingkan iPad 2. Ini kurang lebih setara dengan 'Retina Display' yang digunakan pada iPhone 4 dengan kerapatan 300 pixel per inci.

Shim menambahkan, Apple juga tertarik membuat iPad dengan layar lebih kecil 7, 85 inci. "Jika ada permintaan pasar, saya yakin akhir tahun 2012 Apple akan mengeluarkan iPad 7, 85 inci," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com