Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"KOMPAS.com" Hadirkan Enam Aplikasi untuk Nokia N9

Kompas.com - 01/12/2011, 11:45 WIB

KOMPAS.com — Pengguna smartphone Nokia N9 kini bisa mendapatkan berita dan informasi terbaru yang disajikan situs berita Kompas.com.

Terdapat enam aplikasi yang bisa diunduh pengguna Nokia N9 dari Nokia Store, yaitu Kompas.com, Kompas Bola, Kompas Otomotif, Kompas Entertainment, Kompasiana, dan Kompas Images.

“Pengembangan ini sesuai dengan strategi kami dalam mendistribusikan konten Kompas.com ke semua platform, tanpa pengecualian,” kata Edi Taslim, Vice Director PT. Kompas Cyber Media. Apapun sistem operasi, merek dan jenis perangkat yang dimiliki pembaca, kami bertekad untuk menghadirkan layanan-layanan Kompas.com dalam format native agar nyaman digunakan, tambahnya lagi.

Nokia N9 adalah ponsel pintar buatan Nokia pertama yang menggunakan sistem operasi Meego. Sedangkan, Meego sendiri adalah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Intel dan Nokia, merupakan penggabungan antara platform perangkat lunak Linux Maemo Nokia dengan Intel Moblin.

Navigasi di smartphone Nokia ini hanya memerlukan "tap" (sentuhan) dan "swipe" (sapuan). Untuk membuka layar ponsel, cukup "tap" dengan jari dua kali dan untuk pindah ke menu lainnya, cukup "swipe" dengan jari, baik dari kanan ke kiri, atau atas bawah dan atau sebaliknya.

Keenam aplikasi dari Kompas.com ini pun didesain dan diformat khusus sesuai dengan fungsionalitas dan fitur navigasi di Nokia N9. Seperti halnya pada format website, app “Kompas.com” memungkinkan pengguna mengakses seluruh informasi terkini dan artikel-artikel menarik dari seluruh rubrik dan kanal yang ada di www.kompas.com.

App "Kompas Bola" menyajikan berita terkini dan informasi seputar sepak bola baik lokal maupun internasional. Sementara app "Kompas Otomotif" dan "Kompas Entertainmnet" menyajikan berita dan informasi yang terdapat di kanal Otomotif dan Entertainment situs berita Kompas.com.

Di app "Kompasiana" terdapat kumpulan tulisan dari para blogger dan jurnalis warga yang tergabung di Kompasiana.com. Dalam app ini, pengguna bisa menikmati beragam tulisan yang sepenuhnya dibuat oleh para Kompasianer, anggota Kompasiana. Rata-rata setiap hari terdapat sedikitnya 800 artikel yang ditulis oleh para Kompasianer. Pada versi berikutnya, direncanakan fitur “Write & Report” agar Kompasianer bisa langsung menulis lewat smartphone.

App keenam yaitu "Kompas Images", yang menyuguhkan foto-foto karya fotografer Kompas.com, Harian Kompas dan media Kompas Gramedia lainnya. Disini, pengguna dapat menikmati foto-foto jurnalistik, kreatif, photo story, infografik, hingga karikatur.

Keenam aplikasi "Kompas.com" ini dapat diunduh gratis di Nokia Store pada alamat http://store.ovi.com. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com