Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Lenovo IdeaPad U300s

Mengapa Ultrabook Lenovo Dibanderol Tinggi?

Kompas.com - 01/12/2011, 14:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski memiliki banderol harga paling mahal di antara ultrabook yang dipasarkan di Indonesia, Lenovo IdeaPad U300s tetap yakin akan diminati.

Ultrabook Lenovo dengan ketipisan 14,9 mm dan berat 1,32 kg tersebut dipatok di harga 1.699 dollar AS, lebih tinggi dari harga ultrabook kompetitornya. Product and Business Development Manager Lenovo Indonesia, Cung Cien menjelaskan harga tersebut dipandang sesuai dengan spesifikasi yang ada.

"Kami menekankan desain dan performa yang maksimal. Selain itu didukung oleh spesifikasi produk yang lebih baik dari sebelumnya. Kami tetap yakin ultrabook ini ada peminatnya," ungkap Cung Cien di Jakarta, Rabu (30/11/2011).

Namun, Cung Cien membantah kalau harga yang mahal tersebut disebabkan karena kapasitas Solid State Drive (SSD) yang lebih besar dari pesaing. Penambahan kapasitas SSD tersebut hanya ingin memberi penawaran berbeda bagi konsumen.

Dari sisi desain, Ultrabook Lenovo menekankan ultramobility yang tetap ringan ditenteng namun tetap elegan bila dibawa ke manapun. Selain itu, bila ultrabook lain hanya tipis di bagian depan, untuk IdeaPad U300s ketebalannya sama baik bagian depan maupun belakang.

Dari sisi fungsionalitas, laptop tipis tersebut sudah dilengkapi fitur-fitur yang mendukung dan terkini. IdeaPad U300s dijejali prosesor i7 dengan Intel Turbo Boost Technology, Windows 7 Home, SSD 256GB, layar 13,3 inci HD display (1.366 x 768), Intel GMA HD 3000 graphics, 4GB DDR3 RAM, Bluetooth, WiFi, USB 2.0, USB 3.0, webcam 1,3MP, tipis 14,99 mm, berat 1,32 kg, dimensi 324 x 216 x 14,9 mm, baterai hingga 8 jam pemakaian normal dan 30 hari posisi standby.

Kelebihan lain yang tak dimiliki ultrabook kompetitornya adalah di IdeaPad U300s terdapat fitur antitheft protection pada BIOS-nya yang memungkinkan laptop bisa dilacak saat hilang atau dicuri.

Untuk membedakan dengan pesaing, ultrabook tersebut menyasar kalangan menengah atas yang menginginkan performa sekaligus desain laptop yang menarik. Bahannya dibuat dari metal dengan desain one piece,tidak seperti ultrabook dan notebook yang lain.

"Pasar di Indonesia itu unik. Kadang ada laptop murah tapi tidak bisa dijual. Kadang ada laptop yang mahal namun tetap diburu oleh konsumen. Yang penting kami tahu positioning, ultrabook yang mumpuni dengan desain terkini dan menyasar segmen premium," tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com