Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Tahun di Indonesia, Ini Pencapaian Intel

Kompas.com - 02/12/2011, 09:10 WIB

KOMPAS.com - Bulan Desember ini, tepat lima belas tahun Intel hadir di Indonesia. Tahun ini juga bertepatan dengan perayaan empat puluh tahun produksi mikroprosesor pertama dari Intel.

Selama kurun waktu itu, telah banyak yang dilakukan Intel di Indonesia. Secara garis besar terdapat tiga poin penting yang diraih Intel Indonesia selama lima belas tahun terakhir, yakni kolaborasi strategis dengan pemerintah dan pihak terkait, teknologi untuk pendidikan, dan kreativitas melalui pemanfaatan teknologi.

Kolaborasi Strategis dengan Pemerintah dan Pihak Terkait

Tahun 2009, Intel Indonesia Corporation berkolaborasi dengan KADIN (Kamar Dagang dan Industri), untuk menjadi tuan rumah seminar investasi infrastruktur TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk bidang broadband, kesehatan, dan pendidikan.

Satu tahun kemudian, kerja sama ini merumuskan roadmap baru untuk TIK dan kemudian diserahkan kepada pemerintah. Akhir tahun 2010, Intel memenangkan tender Direktorat Dirjen Pajak dan Kementrian Keuangan RI untuk penyediaan 4.100 unit komputer pada 150 Kantor Pelayanan Pajak.

Teknologi untuk Pendidikan

Di Indonesia, Intel telah melatih total 75 ribu guru dari kota-kota di seluruh Indonesia sampai akhir 2011 melalui program "Intel Tech". Bersama dengan HP didukung Klub Guru Indonesia (KGI), Intel memungkinkan pengadaan 13 ribu unit laptop untuk guru di 18 kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Selain itu, bersama PT. Telkom Indonesia, Intel mendonasikan 300 PC Classmate (CMPC), yang dipaket dengan akses broadband nirkabel (Internet Speedy Broadband) ke sepuluh sekolah di empat kota di Indonesia (Pekalongan, Tangerang, Solo, Jambi).

Intel juga mengadakan Intel ISEF, kompetisi bidang ilmu pengetahuan global terbesar untuk siswa di kelas 9 hingga 12. Para pemenang Indonesia akan dikirim oleh Intel ke Amerika Serikat untuk mengikuti kompetisi ISEF Internasional.

Kreativitas Melalui Pemanfaatan Teknologi

Tahun 2010, Intel Indonesia menggelar program "Intel Creative Motion", terdiri dari serangkaian sesi pelatihan untuk komunitas kreatif dan pendidikan di lima kota yakni Surabaya, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, dan Makassar.

Tahun 2011 Intel Indonesia memperkenalkan gerakan "Warnai Hidupmu", sebuah upaya untuk memberikan inspirasi cerita yang memungkinkan pengguna lebih menikmati menggunakan komputer untuk kehidupan.

Dalam gerakan ini Intel menggandeng dua praktisi kreatif yakni Jogja Jip Hop Foundation dan Nancy Margried yang telah menggabungkan unsur budaya dengan unsur modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Game 'GTA 6' Dipastikan Meluncur September-November 2025

Game "GTA 6" Dipastikan Meluncur September-November 2025

Game
Instagram Vs Instagram Lite, Apa Saja Perbedaannya?

Instagram Vs Instagram Lite, Apa Saja Perbedaannya?

Software
Menjajal Langsung Huawei MatePad 11.5'S PaperMatte Edition, Tablet yang Tipis dan Ringkas

Menjajal Langsung Huawei MatePad 11.5"S PaperMatte Edition, Tablet yang Tipis dan Ringkas

Gadget
Game PlayStation 'Ghost of Tsushima Director's Cut' Kini Hadir di PC

Game PlayStation "Ghost of Tsushima Director's Cut" Kini Hadir di PC

Game
iPhone dan iPad Bakal Bisa Dikendalikan dengan Pandangan Mata

iPhone dan iPad Bakal Bisa Dikendalikan dengan Pandangan Mata

Gadget
Daftar Harga Gift TikTok Terbaru 2024 dari Termurah hingga Termahal

Daftar Harga Gift TikTok Terbaru 2024 dari Termurah hingga Termahal

e-Business
Membandingkan Harga Internet Starlink dengan ISP Lokal IndiHome, Biznet, dan First Media

Membandingkan Harga Internet Starlink dengan ISP Lokal IndiHome, Biznet, dan First Media

Internet
Smartphone Oppo A60 Dipakai untuk Belah Durian Utuh, Kuat?

Smartphone Oppo A60 Dipakai untuk Belah Durian Utuh, Kuat?

Gadget
Rutinitas CEO Nvidia Jensen Huang, Kerja 14 Jam Sehari dan Banyak Interaksi dengan Karyawan

Rutinitas CEO Nvidia Jensen Huang, Kerja 14 Jam Sehari dan Banyak Interaksi dengan Karyawan

e-Business
Smartphone Meizu 21 Note Meluncur dengan Flyme AIOS, Software AI Buatan Meizu

Smartphone Meizu 21 Note Meluncur dengan Flyme AIOS, Software AI Buatan Meizu

Gadget
Advan Rilis X-Play, Konsol Game Pesaing Steam Deck dan ROG Ally

Advan Rilis X-Play, Konsol Game Pesaing Steam Deck dan ROG Ally

Gadget
5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Kuartal I-2024 Versi IDC, Oppo Memimpin

5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Kuartal I-2024 Versi IDC, Oppo Memimpin

e-Business
Epic Games Gratiskan 'Dragon Age Inquisition - Game of the Year Edition', Cuma Seminggu

Epic Games Gratiskan "Dragon Age Inquisition - Game of the Year Edition", Cuma Seminggu

Game
Motorola Rilis Moto X50 Ultra, 'Kembaran' Edge 50 Ultra Unggulkan Kamera

Motorola Rilis Moto X50 Ultra, "Kembaran" Edge 50 Ultra Unggulkan Kamera

Gadget
Merger XL Axiata dan Smartfren Kian Menguat, Seberapa Besar Entitas Barunya?

Merger XL Axiata dan Smartfren Kian Menguat, Seberapa Besar Entitas Barunya?

e-Business
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com