Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
MEDIA DIGITAL

Kedubes AS Gelar Pesta Blogger On/Off

Kompas.com - 02/12/2011, 12:02 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kedutaan Besar AS di Jakarta kembali menjadi sponsor utama festival tahunan para blogger, yang bertajuk "ON/OFF 2011: Ideas Meet Opportunities". Acara yang sebelumnya bernama "Pesta Blogger" ini akan digelar di Epicentrum Walk, Jalan HR Rasuna Said Kav.C-22, Jakarta, sepanjang hari Sabtu (3/12/2011) besok.

Demikian isi siaran pers yang diedarkan Kedutaan Besar AS di Jakarta dan diterima Kompas.com, Jumat (2/12/2011). Tahun ini, acara festival blogger itu akan dibuka oleh Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia, Ted Osius.

Kedubes AS sendiri akan membuka stan khusus di arena festival, yang akan mengadakan berbagai kontes online.

Selain pesta para blogger di Epicentrum Walk, rangkaian acara tahun ini akan turut dimeriahkan para blogger dari berbagai negara anggota ASEAN. Mereka akan berbagi pengalaman dan membahas lanskap digital di negara masing-masing dalam sebuah diskusi berjudul "Digital Landscape in ASEAN Countries" yang akan digelar di pusat kebudayaan AS @america di Pacific Place Mall, Jakarta, pada hari Minggu (4/12/2011).

Selain di Jakarta, rangkaian acara ON/OFF 2011 juga akan dilangsungkan di 10 kota di Indonesia, yakni Solo, Palembang, Lampung, Medan, Surabaya, Pontianak, Mataram, Bandung, Balikpapan, dan Makassar. Di setiap kota akan digelar lokakarya tentang bagaimana cara menggunakan peranti online untuk menghasilkan manfaat offline atau nyata, misalnya di bidang prakarsa pendidikan inovatif, kewirausahaan, dan gerakan sosial.

AS memang menaruh perhatian khusus terhadap perkembangan media sosial internet di Indonesia. Dalam sebuah bocoran kawat diplomatik rahasia dari Kedubes AS di Jakarta, yang dipublikasikan WikiLeaks dan dikutip harian The Guardian, Inggris, 18 Januari 2011, disebutkan Kedubes AS di Jakarta meminta tambahan dana sebesar 100.000 dollar AS untuk mendorong interaksi dengan para pengguna Facebook di Indonesia menjelang kunjungan Presiden AS Barack Obama ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com