Google Rombak Tampilan YouTube

Kompas.com - 02/12/2011, 18:27 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Jika mengunjungi situs YouTube hari ini, Anda akan menemukan wajah baru dari situs video sharing tersebut. Google secara resmi merilis penampilan baru dari YouTube, Jumat (2/11/2011).

Tampilan baru ini memberikan porsi khusus untuk kanal-kanal (Channel) yang ada di YouTube dengan peletakan di bagian kiri memanjang ke bawah.

Google menyebut perubahan ini menjadikan "YouTube lebih bersih dan simpel, memiliki latar belakang abu-abu yang konsisten, thumbnail video yang lebih besar, dan jumlah video di streamline yang lebih banyak."

Dengan wajah baru ini, navigasi di situs tersebut menjadi lebih nyaman karena penempatan video-video lebih rapi dan akses ke Channel menjadi lebih mudah. Selain itu, streamline video yang terletak di bagian tengah dapat diatur, video apa saja yang muncul, mirip news feed di Facebook.

Meski demikian, tak banyak perubahan dari sisi fungsionalitas. Perubahan baru ini lebih menonjolkan aspek berbagi ke berbagai media sosial. Yang cukup mengagetkan adalah adanya tombol share ke Facebook, yang bisa disebut pesaing utama dari jejaring sosial Google, berdampingan dengan tombol share Google+ dan Twitter.

Perubahan tampilan YouTube ini memang sejalan dengan rencana make over beberapa produk Google, seperti Google Reader, Gmail, Document, dan Calendar.

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X