Chrome Lebih Sering Dipakai "Browsing" Ketimbang Firefox

Kompas.com - 02/12/2011, 20:32 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Web browser Google, Chrome berhasil menjadi nomor dua pemegang pangsa pasar browser Internet terbesar, menggeser Mozilla Firefox. Ini merupakan kali pertama keberhasilan Chrome menyalip Firefox.

Peringkat teratas masih tetap dipegang oleh Internet Explorer, browser milik Microsoft. Meski tak populer di kalangan pengguna, IE masih tetap menjadi browser yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Data ini dilansir oleh firma analisis StatCounter pada Jumat (2/11/2011).

Chrome tercatat sanggup meraih 25,69 persen pangsa pasar browser dunia, naik drastis dari hanya 4,66 persen pada November 2009 lalu. Firefox yang terdepak ke posisi tiga angka, yang sebenarnya raihannya hanya terpaut sedikit dari Chrome, yaitu sebesar 25,23 persen. Sedangkan, sang jawara Internet Explorer masih perkasa dengan raihan pangsa pasar sebesar 40,63 persen.

StatCounter menyebutkan metode riset web browser yang mereka lakukan adalah dengan memantau kuantitas penggunaan browser yang digunakan untuk mengakses web, bukan dari jumlah download-nya. Yang berarti, Chrome tak hanya lebih banyak di-download oleh pengguna tetapi juga lebih sering digunakan untuk mengakses web, dibanding Firefox.

Mendekatnya Chrome ke Internet Explorer mensahihkan persaingan antara Google dan Microsoft di industri teknologi informasi dunia. Selain bersaing di ranah mesin pencari, mereka berdua juga bersaing di segala bidang, misalnya di ranah sistem operasi di mobile.

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X