Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fujitsu Percayakan Orang Lokal di Jajaran Manajemen

Kompas.com - 03/12/2011, 17:28 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Fujitsu melakukan perubahan di jajaran petingginya di masing-masing negara. Semula jajaran petinggi selalu diisi oleh orang Jepang, namun kini sudah dirombak dan diisi oleh orang lokal di masing-masing negara.

Fujitsu sudah 16 tahun berada di Indonesia dan bernama PT Fujitsu System Indonesia. Berkantor pusat di Jakarta, Fujitsu Indonesia memiliki empat kantor cabang yaitu Surabaya, Medan, Makassar dan Denpasar.

Namun sejak 2007 lalu, Fujitsu Limited yang merupakan Fujitsu pusat di Jepang melakukan perubahan dengan menaruh orang-orang lokal untuk menjadi petingginya di masing-masing wilayah.

Presiden Direktur Fujitsu System Indonesia, Achmad S Sofwan menjelaskan dirinya merupakan orang Indonesia pertama yang menjadi petinggi di perusahaan asal Jepang tersebut sejak 2005. Sebelumnya, orang nomor satu di perusahaan platform product, application service, infrastruktur integration services, managed services dan network services ini selalu diisi oleh orang Jepang.

"Sebelumnya, orang Jepang hanya percaya dengan sesama orang Jepang. Makanya regenerasi mereka juga diisi oleh orang Jepang," ungkap Achmad kepada Kompas.com di Yogyakarta, Jumat (2/12/2011).

Achmad menjadi petinggi di Fujitsu Indonesia sejak 2005. Pada Januari 2012 nanti, lelaki asli Solo tersebut tepat 7 tahun memimpin Fujitsu Indonesia. Sebelumnya, Achmad juga pernah di IBM dan Hewlett Packard.

Alasan perombakan jajaran petinggi Fujitsu wilayah diserahkan ke orang lokal, kata Achmad, lebih disebabkan karena orang lokal lebih mengerti karakteristik bisnis di negaranya. Sehingga diharapkan pendapatan perusahaan akan melonjak karena bisa menggarap peluang-peluang yang sudah dikenali pasarnya.

Kendati demikian, Achmad belum merasa ada perubahan signifikan di perusahaan yang dipimpinnya tersebut. Tapi dari data yang ada, pertumbuhan pendapatan rata-rata (compound annual growth rate/CAGR) Fujitsu Indonesia sejak 2006-2010 mencapai 18,9 persen. Padahal angka CAGR industri menurut data dari IDC hanya tumbuh rata-rata 11,3 persen.

"Segmen bisnis skala menengah menjadi area fokus Fujitsu Indonesia. Kami juga akan terus menggalakkan pemakaian komputasi awan (cloud) di tahun depan. Semoga akan meningkatkan pendapatan perusahaan," tambahnya.

Hingga akhir tahun ini, Fujitsu Indonesia menargetkan pertumbuhan pendapatan naik 21,2 persen. Semua jenis bisnisnya akan digenjot untuk menaikkan pendapatannya tersebut. Hingga Oktober 2011 lalu, kenaikan pendapatannya sudah tumbuh 18 persen (year on year).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com